BNNK Optimalisasi Sosialisasi Program Rehabilitasi Dan Pasca Rehabilitasi

0
748
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melaksanakan sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan, penyalahguna dan pecandu Narkotika yang berlangsung di Hotel Andi Graha Taliwang, Kamis (23/03).
Sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi ini diikuti 25 peserta, yang bergerak di bidang rehabilitasi baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat di KSB, yaitu seluruh UPTD Puskesmas, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas P2KBP3A, Kantor Kesbangpoldagri, RSUD Asy-Syifa dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Sumbawa Barat.
Kepala BNN setempat, AKBP Jolmadi, SPd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa KSB, memiliki potensi penyalahgunaan dan peredaran narkotika karena memiliki tempat wisata dan lingkar tambang Batu Hijau, yang memungkinnya banyak pendatang yang singgah maupun menetap dengan membawa barang haram tersebut.
Kegiatan ini bertujuan guna menyatukan persepsi dengan topik program rehabilitasi di instansi pemerintah, komponen masyarakat dan pasca rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan, penyalahguna dan pecandu Narkotika.
Untuk itu, Kepala BNN menaruh harapan besar, untuk peran serta pemda dan masyarakat dalam rehabilitasi medis, dan rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan, penyalahguna dan pecandu Narkotika yang terjerat masalah narkoba. “Program ini menjadi tanggung jawab kita bersama dan apabila program ini berhasil baik program pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan maka perang melawan narkoba otomatis telah kita laksanakan dan kita sebagai warga negara Indonesia sudah membantu mewujudkan negara ini bersih dari penyalahgunaan narkoba,” cetus AKBP Jolmadi.
Kegiatan sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi ini menghadirkan empat narasumber yaitu dari Kepala BNNK Sumbawa Barat dengan materi Program Rehabilitasi BNN Kabupaten Sumbawa Barat, Sekda yang diwakili oleh Kabag Organisasi Setda Sumbawa Barat dengan materi Dukungan Pemerintah Dalam Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, H Tuwuh SAP melalui kesempatan itu menyampaikan materi Program Rehabilitasi Medis bagi Penyalahguna dan Pecandu Narkoba dan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, Manurung SPd, dengan materi Peran Dinas Sosial dalam Penanganan Korban NAPZA.
Kabag Organisasi Setda Sumbawa Barat, Sihabuddin, AP, menuturkan Pemerintah Daerah mendukung program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi melalui program pemberdayaan pasca rehabilitasi dengan melatih keterampilan mantan pecandu narkotika yang telah selesai program rehabilitasi agar kembali hidup produktif dan mandiri. Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, Manurung, S. Pd, sependapat dengan dukungan Pemerintah Daerah dan memberikan pendampingan serta pelatihan kepada mantan pecandu narkotika. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, H. Tuwuh, S.AP, dalam paparannya menjelaskan, bahwa saat ini Kabupaten Sumbawa Barat memiliki fasilitasi kesehatan tingkat pertama yang melayani rehabilitasi ketergantungan NAPZA yaitu UPTD Puskesmas Maluk dan UPTD Puskesmas Poto Tano.

loading...

LEAVE A REPLY