407 Siswa SMA/MA Ikut Olimpiade SAINS Nasional Tingkat Kabupaten

0
535
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sebanyak 407 peserta dari 19 SMA/MA yang ada di Kabupaten Sumbawa, mengikuti Olimpiade SAINS Nasional tingkat kabupaten tahun 2017. Dalam kegiatan yang di pusatkan di SMA Negeri 1 Sumbawa, SMA Negeri 2 Sumbawa dan SMA Negeri 3 Sumbawa itu, ada 9 mata pelajaran yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi serta Informatika Komputer.
Olimpiade SAINS ini menurut Kepala UPT Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Pendidikan Khusus Pendidik Layanan Khusus (PK-PLK), Lalu Manan, SPd, sebagai ajang seleksi pelajar yang akan mewakili Sumbawa, dilomba serupa untuk tingkat provinsi, yang dilaksanakan tanggal 8—10 Mei mendatang, di Mataram.
Dari lomba yang akan diumumkan hasilnya tanggal 20 Maret nanti ini, nantinya diambil 27 pelajar terbaik. Tiap mata pelajaran diwakili 3 pelajar.
Untuk soal dalam lomba kali ini kata Lalu Manan, langsung dibuat oleh pusat. Tidak dilibatkannya guru-guru yang ada di Sumbawa, dalam pembuatan soal ini, karena secara nasional materinya harus sama. “Olimpiade SAINS ini tidak hanya sampai tingkat nasional, tapi hingga internasional. Jadi soalnya secara nasional harus sama,” terang Lalu Manan.
Lalu bagaimana dengan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ? Untuk olimpiade olahraga ini tambahnya, tingkat kabupatennya akan digelar tanggal 17-21 April mendatang. Ada 4 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu, Renang, Bulutangkis, Atletik dan Pencak Silat.
Untuk peserta akan dibatasi. Itu dikarenakan kemungkinan ada beberapa sekolah yang tidak mengirimkan atletnya disejumlah cabor, karena minimnya atlet. “Peserta yang boleh ikut hanya siswa kelas X dan XI. Kalau siswa kelas XII biar focus Ujian Nasional (UN),” tandasnya.
Ia berharap seluruh SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Sumbawa, dapat berpartisipasi dalam olimpiade olahraga ini.

loading...

LEAVE A REPLY