PT Newmont Nusa Tenggara

Kedua Kalinya, Fakultas Pertanian dan Perikanan UNSA Diakreditasi

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Baru-baru ini Tim Aksessor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan akreditasi terhadap Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa. Dalam tim tersebut ada 2 orang yang melaksanakan akreditasi diantaranya, Prof DR Ir Siti Bulkis MS dari UNHAS yang menangani masalah Prodi dan DR Ir Lies Sulistyowati MS dari UNPAD yag menangani masalah fakultas.
Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan UNSA, Syahdi Mastar SP Msi kepada Gaung NTB mengatakan, yang dilakukan akreditasi adalah program agribisnis yang kedua kalinya, karena yang pertama kalinya telah dilaksanakan setahun yang lalu dengan nilai C. Akreditasi ini dilakukan terhadap dua Borang, yakni Borang Fakultas dengan 24 item pertanyaan dan 7 standar, sedangkan Borang Program Study dengan 100 item yang ditanyakan dan 7 standar. Adapun isi borang meliputi seluruh aktifitas yang ada di Fakultas dan Prodi, seperti aktifitas akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, sarana dan prasarana serta kelengkapannya. Selain itu, juga diharuskan untuk menyertakan renstra dan renov sebagai persyaratan dasar yang wajib dipenuhi.
“Dengan akreditasi kali ini diharapkan agar Fakultas Pertanian dan Perikanan UNSA mampu mendapat nilai D karena pada akreditasi pertama mendapat nilai C”, ujar Syahdi Mastar.
Mengenai 100 item yang harus diisi pada Borang, diantaranya visi misi fakultas dan prodi, tata pamong kepemimpinan dan sistem penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikulum pembelajaran dan suasana, pembiayaan sarana dan prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat dan suasana, semuanya harus dengan datanya. “Dengan terakreditasinya Fakultas Pertanian dan perikanan ini diharapkan minat calon mahasiswa dapat meningkat untuk masuk ke jurusan Agribisnis, sebab dunia kerja saat ini menghendaki lulusan akreditasi minimal nilai D”, tandas Syahdi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply