PT Newmont Nusa Tenggara

Pesta Ponan Digelar 12 Maret 2017

Moyo Hilir, Gaung NTB
Tiga dusun yaitu Dusun Poto, Dusun Lengas dan Dusun Malili di wilayah Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir, saat ini tengah disibukkan dengan persiapan penyambutan upacara pesta Ponan di Bukit Ponan (Bekat Loka).
Kendati sempat tertunda beberapa minggu lalu akibat bencana banjir akhirnya acara ceremonial tahunan itu, akhirnya digelar tanggal 12 Maret mendatang. Persiapan yang dilakukan oleh ribuah warga tiga dusun itu seperi mencari dan mengumpulkan bahan-bahan seperti daun pisang dan janur sebagai pembungkus panganan, yang terbuat dari beras ketan dan beras biasa untuk disajikan pada hari upacara ponan itu. Tidak jarang warga tiga dusun itu mencari dua media (daun pisang dan janur) itu ke luar wilayah mereka. Karena stok mereka terbatas.
Panganan khas ponan yang dipersiapkan berupa petikal, buras, dange, dan sejumlah jajan yang dimasak dengan dikukus. Sedangkan jajanan yang digoreng tidak dihidangkan sama sekali. karena menurut kepercayaan tradisi warga setempat jika itu dilakukan akan menjadi “Pamalik”, yang akan mengakibatkan bisa berdampak pada tidak bagusnya pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi mereka.
M Yasin, tokoh masyarakat Desa Poto menuturkan bahwa perayaan upacara Ponan tahun ini adalah sama seperti tahun sebelumnya yaitu ajang silaturrahim tiga dusun yang wajib dilakukan sekali setahun. Dan hal itu sudah menjadi adat tradisi, bakan sudah menjadi salah satu ikon asset wisata daerah kabupaten Sumbawa. “Kita harapkan acara tersebut membawa berkah bagi kita semua khhususnya bagi warga ketiga dusun,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply