PT Newmont Nusa Tenggara

FPAN DPRD KSB Dukung Pembentukan TPF Pencemaran Lingkungan

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Muhammad Hatta, mendukung pemda DPRD setempat, segera membentuk Tim Pencari fakta (TPF), pencemaran lingkungan akibat asam tambang PT Aman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT), dengan mengandeng peguruan tinggi.
Seperti diketahui dampak luapan asam tambang dari DAM Santong Tinga dan Tongo Loka, yang mencemari aliran sungai Sejorong, mengakibatkan populasi biota air seperti ikan dan sejenisnya seketika mati. “”Ini perlu dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menyikapi masalah pencemaran lingkungan,” ujarnya.
Menurut Hatta, yang juga anggota Komisi I ini, pemda perlu membentuk tim tersebut, supaya memiliki data sendiri sebagai bahan pembanding. Tiak lagi tergantung dengan data yang ada di pihak perusahaan, sebagai untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. “Masalah ini haru segera disikapi supaya kasus yang sama tidak terulang lagi, karena yang rugi adalah masyarakat sekitar area sungainya. Sejauh ini kami belum mengetahui kondisi terkini, terkait kondisi kesehatan masyarakat di sana,” tandasnya.
“Ikan saja bisa mati akibat dampak asam tambang ini. Apalagi manusia. Pemda harus segera merespon masalah ini,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply