PT Newmont Nusa Tenggara

CJH Kloter Sumbawa Mulai Buat Paspor

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa mulai memfasilitasi calon jamaah haji untuk membuat paspor. Untuk minggu pertama, sebanyak 70 calon jamaah haji tahun 2017 berasal dari Kecamatan Sumbawa terlihat mengantri di Kantor Imigrasi Kelas II A Sumbawa dari pukul 07.00 Wita senin (27/2). Ini dikatakan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa Drs H Sulman Hafifi kepada Gaung NTB.
Menurutnya, mulai akhir Februari ini calon jamaah haji yang belum memiliki paspor diberikan jatah oleh Imigrasi sebanyak 35 orang dalam satu hari dan selama 2 hari dalam satu minggu. Total jamaah haji asal Kabupaten Sumbawa untuk tahun 2017 ada 286 orang dan 30 calon jamaah cadangan. “Hari ini dan Selasa adalah jadwal untuk Kecamatan Sumbawa” katanya.
Disebutkan H Sulman, total calon jamaah haji dari kecamatan Sumbawa tahun 2017 ini ada 90 orang, sedangkan 30 jamaahnya sudah mengurus paspor sendiri sehingga sisa jamaah yang belum memiliki paspor difasilitasi oleh Kemenag.
Sementara itu, minggu depan jadwal pembuatan paspor ada 3 kecamatan yakni Unter Iwes, Labuhan Badas dan Moyo Hulu. “Kami mohon kepada pegawai KUA agar dapat memberikan informasi yang valid kepada jamaah, jangan sampai jamaah datang ke imigrasi pada saat hari yang bukan jadwalnya” harapnya.
Apabila proses pembuatan paspor selesai, maka selanjutnya jamaah akan disuntik vaksin meningitis. “Sama dengan prosedur pembuatan paspor untuk jadwal suntik meningitisnya, kami menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan” jelasnya.
Lebih jauh sambung H Sulman, proses pembuatan paspor tahun ini memang dipercepat sebagai langka mengefisienkan proses haji. Ada jamaah yang sudah mengurus sendiri dan ada pula jamaah yang membuat paspor secara kolektif. “Paspor itu berlaku selama 5 tahun, jadi walaupun dibuat sekarang tentu tidak mengurangi arti dari keterlambatan. Biar tidak buru-buru untuk penyusunan dokumen-dokumen haji selanjutnya” tutup H Sulman.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply