PT Newmont Nusa Tenggara

20 Pengguna Narkoba Datang Ke BNN Sumbawa Minta Rehabilitasi

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Belum lama dibentuk, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa, sudah menunjukan prestasi gemilang. Tercatat dari bulan November 2016 lalu, hingga Februari 2017, sudah ada 20 pengguna narkoba yang datang ke BNN atas kesadaran sendiri dan meminta untuk direhabilitasi. Kesadaran masyarakat ini tentunya membawa angin segar akan keberadaan BNN yang mulai diketahui oleh masyarakat.
Ditemui Gaung NTB, Kepala BNN setempat, Kompol Syirajuddin Mahmud, mengatakan rehabilitasi yang dilakukan pihaknya diberikan dengan berbagai macam metode sesuai dengan kondisi pengguna. Namun, saat ini pihaknya hanya melakukan rehabilitasi rawat jalan dan belum ada pelayanan rehabilitasi rawat inap.
Dijelaskannya, dalam UU No 35 tahun 2009 dijelaskan bahwa pengguna narkoba yang berusia di bawah umur, orang tuanya berkewajiban melapor ke Puskesmas, rumah sakit atau BNN. Nantinya akan difasilitasi ke rumah sakit untuk direhabilitasi, bukan diproses hukum. “Jika penggunanya datang ke BNN atas kesadarannya sendiri, yang bersangkutan tidak akan diproses hukum. Tapi kalau ditangkap polisi dan ada barang buktinya saat diciduk, tetap akan diproses hokum,” ujarnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply