Pengurus Dewan Pendidikan Bertekad Terus Eksis

0
198
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kiprah Dewan Pendidikan di Kabupaten Sumbawa, nyaris tak terdengar selama ini. Padahal sebagai perpanjangan tangan masyarakat, organisasi ini memiliki peran cukup strategis. Terutama dalam menyerap dan membawa aspirasi demi majunya dunia pendidikan di Bumi Sabalong Samalewa.
Tak ingin di pandang sebelah mata, pengurus Dewan Pendidikan periode 2017-2022, yang baru saja dikukuhkan oleh Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, BSc, bertekad terus eksis. “Kita tidak ingin berbicara masa lalu. Pengurus Dewan Pendidikan sekarang harus eksis. Keluhan dan aspirasi masyarakat harus mampu kita suarakan,” ungkap Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa, M Dahlan Yasin.
Agar masyarakat lebih mengenal apa itu Dewan Pendidikan kata Dahlan Yasin, dalam waktu dekat ini 11 personil Dewan Pendidikan, akan turun gunung untuk melakukan sosialisasi.
Langkah tersebut menurutnya, sangat diperlukan mengingat selama ini, tanpa disadari masyarakat cuman sebatas mengenal nama Dewan Pendidikan semata. Sementara tugas dan fungsinya masyarakat sepertinya masih buta. “Secepatnya kita turun, biar masyarakat tahu Dewan Pendidikan itu apa,” ujarnya.
Dijelaskannya, ada beberapa tugas dan fungsi utama dari Dewan Pendidikan ini mulai dari memberikan usul, saran dan pertimbangan berkaitan dengan kebijakan pendidikan kepada bupati melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).
Dewan Pendidikan juga bisa menjadi mediator antara pemerintah, DPRD dan masyarakat. Termasuk mengesahkan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) milik sekolah. “Tugas utamanya Dewan Pendidikan ini menyerap aspirasi masyarakat terkait pelayanan pendidikan,” kata mantan Lurah Pekat ini.

loading...

LEAVE A REPLY