Kartu Bariri Terealisasi Februari 2017

0
482
loading...
loading...

Taliwang, Gaung NTB
Bila tidak ada aral melintang, bulan Februari mendatang, Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), siap meluncurkan program bantuan bagi masyarakat calon penerima Kartu Bariri.
Pemda sendiri menurut Staf Khusus Bupati, Syamsuryadi Jibes, ST, saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi di 8 kecamatan. Sejauh ini sudah 6 kecamatan yang dikunjungi untuk diberikan pemahaman dan pola pemberian bantuan melalui tim PDPGR, sebagai fasilitator di lapangan bersama pihak bank sebagai mitra pemerintah.
Untuk diketahui calon penerima kartu dalam bentuk pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan ini, adalah masyarakat lanjut usia dan tergolong tidak mampu.
Program ini terangnya, diberikan secara cuma-cuma. Namun, calon penerimanya wajib membuka rekening sebagai modal awal penerimaan. “Kalau yang diajukan nanti Hand Traktor, maka penerima bantuan harus memiliki modal awal sebesar 10% dari total harga barang tersebut,” ujarnya.
Nantinya sambung dia, dalam pengembalian angsuran, penerima mesti mengembalikan lebih dari jumlah unit mencapai 150%. Total dana yang sudah tersimpan di bank, akan menjadi milik penerima. “Bukan menjadi pengembalian hutang. Tetapi milik pribadi,” jelasnya.
Artinya, pemerintah menginginkan masyarakat khususnya para petani penerima Kartu Bariri ini, belajar menabung agar dapat menunjang perekonomiannya sendiri melalui bantuan yang disalurkan pemda. “Bulan depan Kartu Bariri ini sepertinya sudah bisa direalisasikan. Nama-nama calon penerima sedang diverifikasi, supaya tepat sasaran. Kami berharap program pemberdayaan masyarakat ini mampu meningkatkan pendapatan dan berdaya secara ekonomi,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY