Banjir, Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Bendungan Rusak

0
244

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa melalui Sekretaris Dinas Ir. Armawan Jaya kepada Gaung NTB, Kamis (16/2) menyebutkan akibat banjir bandang yang terjadi di Sumbawa beberapa waktu lalu, sejumlah infrastruktur seperti jalan, jembatan, saluran irigasi dan bendungan rusak.
Menurutnya, kerusakan tersebut hampir terjadi di semua kecamatan mulai Tarano, Empang, Plampang, Lape, Lopok, Moyo Hilir, Moyo Utara, Lantung, Ropang, Batu Lanteh, Lunyuk, Moyo Hulu. Selanjutnya Utan dan jembatan cinta Kecamatan Alas juga putus akibat diterjang banjir. “Kalau masalah angka atau total kerugian akibat banjir kemarin, terutama kerusakan infrastruktur sesuai tupoksi PUPR, maka angkanya untuk sekarang tidak bisa saya sebutkan” katanya.
Armawan Jaya mengungkapkan, hari ini pembahasan lintas sektor pasca musibah banjir kemarin sedang dilakukan di Lantai I Kantor Bupati Sumbawa. “Pembahasan dilakukan untuk segera dilaporkan ke Pemerintah Pusat” ungkapnya.
Dijelaskannya, hal insidentil yang dilakukan pertama kali adalah bagaimana penyelamatan manusia. Kemarin jembatan putus Dusun Sampar Semongkat Kecamatan Batulanteh kemudian di Lantung juga sama kejadiannya, sehingga dibantu dengan alat berat. “Jangan sampai akibat banjir kemudian masyarakat terisolasi terutama akses jalan dan jembatan yang putus. Oleh karena itu dengan segala upaya tetap akan dibantu baik dibangun dulu jembatan semantara mungkin dengan kayu sembari menunggu dibangun lagi yang permanen” jelasnya.
Lebih jauh lanjutnya, untuk pembangunan baru segala infrastruktur yang rusak, Pemda Sumbawa tetap mengharapkan bantuan pusat. “Kami sudah menginventarisir mana saja titik-titik lokasi yang rusak parah tersebut” tutup Armawan.

LEAVE A REPLY