PT Newmont Nusa Tenggara

Banjir Sebasang Rendam Tanaman Padi dan Cabe

Moyo Hulu, Gaung NTB
Luapan air sungai membuat dampak terhadap para petani padi maupun petani cabe terendam air hingga melewati akses jalan macet, banjir itu juga mengakibatkan tanggul jembatan sebagian longsor.
Kepala Desa Sebasang Khairuddin kepada Gaung NTB, Sabtu (11/2) di lokasi kejadian mengatakan Sekitar puluhan hektar petani padi terendam banjir akibat luapan sungai, diperkirakan berdampak yang ada dihamparan sungai mengalami gagal panen, kemudian tanggul jembatan juga jebol dan retak. “Hal ini harus segera ditanggapi dan dikhawatirkan akses jalan longsor,” jelasnya.
Khairuduin juga mendapat laporan bahwa petani cabe juga mengalami kerugian, baik bibit maupun tanamannya cabe besar dan rawit hanyut dibawah Air. “Saat ini warga bergotong royong membersihkan jalan yang dipenuhi pohon sekitar jalan raya,” jelasnya.
Sementara itu Sekdes Batu Tering, Zainuddin mengatakan akibat banjir rumah warga 1 rumah longsor Dusun Batu Tering A dan longsor bronjong sepanjang 61 meter. Kemudian jembatan yang berada di Dusun Melung saat ini sudah miring dan bergeser kedudukannya. Jembatan dikhawatirkan akan ambruk dan saat ini tidak bisa dilewati muatan besar.
“Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan berdampak pada rumah penduduk sekitarnya dan hal ini perlu perhatian pemerintah,” demikian Zainuddin.
Jembatan Putus
Akibat angin yang keras dan banjir sehingga akses jalan Desa Sempe menuju Dusun Kua Amo terputus.
Tokoh pemuda Abdul Walid SE kepada Gaung NTB, Minggu (11/2) mengatakan bahwa jembatan yang terletak di Uma Telaga antara Desa Sempe dan Desa Berang Rea rusak parah dan saat ini hanya dibuat jalan seadanya agar warga bisa melintas. Tentu dengan adanya akses jembatan penghubung ini akan berpengaruh pada perekonomian desa setempat. “Kami berharap agar pemerintah segera memperbaiki jembatan tersebut dan segera turun ke lapangan,” pungkas Abdul Wahid.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply