PT Newmont Nusa Tenggara

Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Dikukuhkan

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sebanyak 11 orang Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa, dikukuhkan Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril.,B.Sc, yang berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (31/01). Para Pengurus Dewan Pendidikan Tersebut meliputi H Jamhur Husain, Aries Zulkarnaen, Supriyadi, Sri Rahayu, Umar, Muhammad Nurjaman, M. Dahlan Yasin, Syaifuddin, Saidatul Kamila, Reza Fahmi Anshary dan Nurdin.
Bupati Sumbawa H M Husni Djibril BSc dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada segenap Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2017-2022 yang dikukuhkan tersebut. “Semoga dengan kebersamaan dan kekompakan kita dapat memajukan dunia pendidikan di daerah ini dalam upaya kita bersama meningkatan kualitas SDM Tana Samawa,” harapnya.
Untuk diketahui kata H Husni –sapaan Bupati Sumbawa, bahwa proses kelahiran Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah didasarkan kepada peraturan Kepmendiknas Nomor 044/u/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Karena pendidikan termasuk urusan yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, sehingga untuk melaksanakan urusan dalam bidang pendidikan tersebut, komponen masyarakat harus dilibatkan mulai dari memberikan masukan dalam perencanaan dan juga dalam pengawasan serta penilaian program pendidikan.
Itulah sebabnya kata H Husni, dalam pelaksanaan urusan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), termasuk harus melibatkan komponen masyarakat sebagai mitra kerjasama. Termasuk satuan pendidikan, kepala sekolah juga harus menjalin hubungan dan kerjasama dengan komponen masyarakat yang bergabung dalam komite sekolah/madrasah.
Lebih jauh disampaikan H Husni, bahwa Dewan Pendidikan merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hirarki dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten/kota maupun dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya.
Sesuai dengan konsep desentralisasi pendidikan jelasnya, masyarakat dianggap sebagai pihak yang paling menentukan terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan sistem pendidikan, khususnya sistem pendidikan dasar dan menengah di setiap daerah. Masyarakat adalah sumber inspirasi, inovasi, dan motivasi, serta sasaran yang harus dicapai dari sistem pendidikan yang bermutu di daerah.
Dengan demikian kata H Husni, masyarakat adalah stakeholder dari sistem pendidikan dasar dan menengah, atau pihak yang paling menentukan terhadap sistem dan proses pendidikan di daerah. Haji Husni, berharap kepada Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa agar dapat mengemban amanah dengan baik untuk memajukan dunia pendidikan di daerah ini, sebagai implementasi tanggung jawab dan peran serta aktif masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply