PT Newmont Nusa Tenggara

Masih Ada Perangkat Daerah Belum Sampaikan LAKIP tahun 2016

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Meski sudah memasuki tahun 2017 dengan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, namun ternyata masih ada Perangkat Daerah yang belum menyampaikan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2016, hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Teknis Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2016, Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Perjanjian Kinerja Perangkat Daerah tahun 2017, yang berlangsung di lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (26/01).
Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur, Setda Sumbawa, Ishak SSos dalam laporannya menyampaiakan bahwa LAKIP yang harus disusun saat ini adalah LAKIP tahun 2016 bersasarkan Perangkat Daerah sebelum dilakukannya penataan organisasi. Sehingga dokumen pelaporan kinerja Perangkat Daerah yang disampaikan kepada Bupati Sumbawa melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur yakni diwajibkan menyusun pelaporan LAKIP.
Menurut Ishak, berdasarkan evaluasi Bagian Organisasi, masih terdapat Perangkat Daerah yang belum menyampaikan LAJIP tahun 2016 sebagaimana batas waktu yang ditetapkan yaitu sampai dengan tanggal 20 Desember 2016 sesuai dengan kesepakatan bersama dalam forum Rapat Koordinasi seluruh kepala Perangkat Daerah. Untuk itu diharapkan agar laporan tersebut segera dituntaskan untuk tertibnya administrasi pelaksanaan SAKIP bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa.
Sementara itu Sekretaris Daerah Drs H Rasyidi dalam arahannya menyampaikan bahwa akuntabilitas kinerja instansi pemerintah adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan melalui sistem pertanggungjawaban secara periodik.
Sedangkan Indikator Kinerja Utama (IKU), jelasnya, merupakan ukuran keberhasilan pencapaian sasaran strategis. IKU inilah yang sebenarnya berperan dalam merubah sesuatu yang bersifat normatif (Sasaran Strategis) menjadi definitif, terukur dan realistis.
Dalam merumuskan IKU, menurut Sekda, bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. pada umumnya permasalahan bukan terletak pada apa IKU dari suatu sasaran strategis, melainkan apa IKU yang sebaiknya digunakan dan disepakati bersama untuk dijalankan, tentunya dengan segala dampak yang akan ditimbulkannya.
Dijelaskan H Rasyidi, satu sasaran strategis perlu ditentukan ukuran keberhasilannya dalam bentuk IKU, Sehingga satu sasaran strategis minimal harus memiliki 1 IKU dan boleh memiliki lebih dari 1 IKU. “Suatu IKU yang ditentukan oleh organisasi akan berdampak terhadap prilaku dan budaya yang terbentuk dalam organisasi tersebut beberapa tahun ke depannya,” jelasnya.
Mengingat Kabupaten Summbawa baru saja memberlakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, kata Sekda, maka rapat tersebut dinilai merupakan salah satu strategi akselerasi penerapan praktek tata kelola pemerintahan yang baik Hal itu katanya, sejalan dengan misi kedua RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021 yaitu “Mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (Good Governance)”, yang salah satu tujuan strategisnya adalah meningkatnya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Disampaikan juga, bahwa upaya dalam penguatan sistem akuntabilitas kinerja, juga merupakan area perubahan reformasi birokrasi yang sedang terus dikuatkan saat ini. Pemenuhan kewajiban ini katanya, akan berimplikasi pada skor akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang setiap tahun dilakukan evaluasi dan asesment oleh Inspektorat dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Hal yang harus dipahami pula sambungnya, bahwa posisi evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah oleh Kemenpan-RB RI ini, sejajar dengan audit atas laporan keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK RI. Dimana masing-masing memberikan opini yang menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah telah menyajikan seluruh informasi sesuai standar atau tidak.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply