Tim Wasdal Evaluasi Kinerja Agen PDPGR

0
354
loading...
loading...

Taliwang, Gaung NTB
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Drs Mulyadi, mengatakan pemerintah akan merubah kebijakan penempatan formasi agen PDPGR arahan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Tim Wasdal ini dibentuk berdasarkan perintah Perda PDPGR, untuk mengevaluasi anggaran dan jumlah agen PDPGR, sebagaimana permintaan BPK,” ujarnya.
Menurutnya, agen PDPGR yang saat ini ada merangkap SK adalah seorang PNS, PTT, Kepala Dusun dan juga karyawan PT AMNT, ke depan diharapkan fokus menjadi agen. “Bisa jadi dari hasil evaluasi Wasdal nanti, pemerintah memilih orang baru sebagai tim peliuk menggantikan yang ada tergantung kinerjanya,” kata dia.
Mulyadi tidak menampik, banyak laporan masyarakat tentang status agen yang masih terikat kontrak atau bekerja dengan pemerintah lainnya. Ini yang menurut BPK dilarang tadi.
       
Selain itu, Wasdal juga memutuskan tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk honorium koordinator PDPGR, dari unsur anggota DPRD, karena memiliki kewenangan berbeda dengan tugas dan tehnis program. “Jadi pemerintah sekarang sudah resmi mengurangi jumlah agen PDPGR dari tingkat desa dan kecamatan. Jika dulu per desa terdapat 6 pengawas, agen peliuk 3 orang dan pengawas kecamatan 10 orang, kini itu berubah. Menjadi hanya 2 pengawas kecamatan, 2 pengawas desa dan agen peliuk pendataan 3 orang,” sebutnya.
Mulyadi menegaskan, pemerintah akan memberlakukan agen yang sudah dirasionalisasikan pada tahun 2017 mendatang. Tugas Agen bukan hanya mendata sasaran progran PDPGR. Sesuai dengan amanat Perda tugasnya antara lain, mendata kelompok sasaran, mengidentifikasi masalah sampai membuat daftar rencana subyek dan obyek sasaran.
Untuk diketahui, Pemda KSB, akhirnya menugaskan tim Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) yang terdiri dari Inspektorat, staf ahli dan staf khusus Bupati sesuai amanat Perda. Tim ini ditugaskan untuk mengevaluasi dan sekaligus menentukan kriteria merasiobalisasikan jumlah agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

loading...

LEAVE A REPLY