Pengiriman TKI Sumbawa Mulai Turun

0
418
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pengiriman Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) asal Kabupaten Sumbawa sepertinya mulai menunjukkan tren penurunan. Data pengiriman selama dua tahun terakhir, bisa diajukan acuannya.
Pada tahun 2015, daerah bermottokan Sabalong Samalewa ini, mengirimkan sebanyak 3.172 TKI. Sementara di tahun 2016 lalu, sebanyak 2.374 orang. Itu artinya, terjadi penurunan sebanyak 798 orang.
Masih dimoratoriumnya pengiriman TKI ke Timur Tengah, mungkin bisa diapungkan sebagai salah satu penyebab. Asia Pasifik pun kini seolah menjadi destinas baru, bagi para pahlawan devisa ini.
Brunei Darussalam jadi tujuan paling banyak. Pada tahun 2016, tercatat ada sebanyak 576 TKI Sumbawa, yang bekerja di sana. Berikutnya Hongkong (462), Singapore (402), Taiwan (368), Uni Emirat Arab (304) dan Malaysia (245).
Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, Khairil Anwar, SSos, tak menampik jika masih dimoratoriumnya negara tujuan Timur Tengah ini, menjadi penyebab turunnya angka pengiriman TKI tersebut.
Selain itu kata dia, cukup tersedianya peluang kerja dalam negeri ikut juga mempengaruhi. “Kesempatan kerja formal dalam negeri sekarang sudah banyak. Mungkin ini penyebab turunnya pengiriman TKI, di samping masih ada moratorium,” ujarnya.
Untuk pengiriman TKI tahun 2017, mantan Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja ini, menegaskan belum bisa memprediksinya. Menurutnya, pengiriman TKI ini, bisa saja turun atau naik kembali. “Kalau sekarang belum dapat diprediksi. Itu semua tergantung kondisi ekonomi dan daya beli masyarakat,” tandasnya.

loading...

LEAVE A REPLY