Mutasi Kedua Berdasarkan OPD Baru n. 188 Pejabat Struktural Dimutasi dan Dikukuhkan

0
302
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Bupati Sumbawa kembali menggelar mutasi dan pengukuhan pejabat di lingkup Pemerintah Dareah (Pemda) Kabupaten Sumbawa, yang berlangsung di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Jum’at (30/12/2016).
Mutasi tersebut merupakan yang kedua kalinya digelar berdasarkan amanat Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2016 tentang Susunan dan Kedudukan Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa, dengan jumlah pejabat struktural yang dimutasi sebanyak 188 orang yang terdiri dari Eselon II/B 4 orang, Eselon III/A sebanyak 7 orang, Eselon III/B sebanyak 25 orang. Selain itu juga terdapat Eselon IV/A sebanyak 119 orang dan Eselon IV/B 33 orang. Mutasi tersebut digelar sesuai dengan keputusan Bupati Sumbawa, Nomor 1226 tahun 2016.
Adapu 4 orang pejabat Eselon II/B yang dimutasi tersebut, 3 orang dikukuhan karena sebelumnya sudah menjabat di tempat yang sama hanya saja nama jabatan yang dipimpin berubah nomenklaturnya, meliputi Drs H. Baharuddin. MM, dikukuhkan sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, demikian juga dengan Ir. A. Rahim, Kepala Dinas Perubahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sumbawa dan Drs H Nasiruddin, MSi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, sementara untuk Lalu Suharmaji Kertawijawa ST, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan yang sebelumnya diparkir sebagai Staf Ahli Bupati Sumbawa.
Sementara itu untuk pejabat eselon Eselon III/A sebanyak 7 orang meliputi Ir. Armawan Jaya, sebagai Sekretaris Dinas PU dan Penataan Ruangan, Imam Sofingi, S.sos, sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, kemudian Junaidi, SSI, APt, MSi, sebagai Sekretris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa. selan itu pada jajaran Camat meliputi Sulaiman sebagai Camat buer, Abu Bakar SH sebagai camat Camat Lape, dan lukmanuddin sebagai Camat Maronge dan M Lutfi Makki, Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa.
Sementara itu Bupati Sumbawa dalam arahannya menyampaikan bahwa mutasi kedua ini merupakan satu kesatuan dari mutasi yang dijalankan beberapa haru yang lalu.
Dijelaskan H Husni—sapaan Bupati Sumbawa, bahwa tertundanya mutasi beberapa pejabat struktural itu, dikarenakan untuk penyelesaian SP2D maupun SPJ yang masih tersisa di akhir tahun anggaran, agar penyelenggaraan program-program pembangunan daerah tidak terhambat dikarenakan transisi perubahan tersebut.
Untuk dipahami bersama kata H Husni, bahwa sesungguhnya mutasi bagi ASN adalah bagian dari upaya mewujudkan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik. untuk itu diharapkan kepada semua pihak agar menanggapi mutasi pada hari ini secara wajar, karena hal ini dilakukan sebagai bentuk dinamisasi atau penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personil dalam sebuah organisasi birokrasi, dan menjadi wujud dari ikhtiar meningkatkan akselerasi birokrasi dalam pencapaian target yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan tahunan dan 5 tahunan.
Dalam kesempatan itu H Husni, juga kembali menegaskan bahwa pihaknya telah menggariskan suatu kebijakan dalam menjalankankan mutasi, yakni tidak ada ASN yang dirugikan, secara sehingga tegas dihindari adanya demosi apalagi adanya pegawai yang nonjob.
Memang diakui kata H Husni, bahwa mutasi itu tidak bisa menyenangkan semua pihak, oleh karena itu disampaikan permohonan maaf kepada pihak-pihak yang mungkin dirugikan dengan adanya mutasi ini.
Diinformasikan pula, bahwa dalam penyelenggaraan pelayanan public di tahun 016, Pemda Kabupaten Sumbawa mencapai predikat yang sangat prestisius yakni berhasil meloncat dari zona merah pada tahun 2015 mencapai zona hijau pada tahun 2016 tanpa melalui zona kuning. Yang lebih penting lagi katanya, apresiasi dan terima kasih dari masyarakat sudah terasa terutama berkaitan dengan geliat pembangunan infrastruktur jalan yang mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara siginifikan.
Sementara untuk tahun 2017 ini, H Husni, menyampaikan ingin mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi tersebut dan memperluas catatan prestasi pada bidang yang lain. “Saya meminta kepada sahabat-sahabat sekalian agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-sebaiknya, kepercayaan yang diembankan kepada para pejabat yang baru dilantik agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” harapnya.
Hal itu katanya dapat dilakukan melalui peningkatan kinerja, prestasi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi. “Tunjukkan pula bahwa sahabat sekalian memang benar-benar orang yang layak mengemban amanah ini, jalankan tugas dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh dengan mewujudkan berbagai program yang ada pada SKPD masing-masing,” harapnya.

loading...

LEAVE A REPLY