Imigrasi Sumbawa Terus Kejar Sponsor WNA Asal Tiongkok

0
251

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Walaupun sudah dipanggil oleh Kantor Imigrasi Klas II Sumbawa, Sponsor WNA asal Tiongkok belum juga memenuhi panggilan imigrasi guna diminta pertanggung jawabannya dan kejelasan paspor serta ijin tinggal warga Tiongkok China tersebut. Imigrasi sudah 2 kali melayangkan surat panggilan terhadap sponsor WNA asal Cina tersebut, akan tetapi hingga saat ini mangkir, belakangan diketahui bahwa sponsor WNA Cina tersebut tinggal di Jakarta, sementara untuk perusahaannya sendiri PT Camala Tiles Indonesia.
Karena sudah dipanggil secara prosedur, maka imigrasi akan menjemput paksa sponsor WNA Tiongkok tersebut. Karena tempat tinggalnya di Jakarta, maka Imigrasi Sumbawa akan melakukan koordinasi dengan Direktoral Jendral yang ada di Jakarta dan bahkan dalam minggu ini pihaknya akan bertolak ke Jakarta.
“Kami sudah panggil sponsornya dua kali. Namun belum datang. Saya berikan waktu sampai Jumat besok (hari ini). Kalau tidak datang, hari Minggu saya perintahkan anggota saya untuk ke Jakarta memeriksanya di sana,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa, Drs Syahrifullah kepada Gaung NTB, Kamis (5/1).
Dikatakan Drs Syaifullah bahwa pemeriksaan terhadap sponsor tersebut guna mengetahui kejelasan paspor dan izin tinggal dari WNA yang saat ini tengah diamankan oleh pihaknya. Mengingat dokumen WNA bernama Guo Cong Chun (54) tersebut ada di tangan sponsornya, namun ia menduga paspor tersebut tidak ada, hal ini lantaran sudah hampir tiga minggu waktu berjalan, belum ada kepastian dari pihak sponsor. “Makanya kami ingin mengecek kejelasannya,” paparnya.
Nantinya, jika dokumen yang diperlukan tersebut ada, maka pihaknya akan melepas yang bersangkutan, Namun jika dokumen dimaksud tidak ada, maka pihaknya akan melakukan deportasi serta melakukan cekal terhadap WNA asal Cina tersebut. “Kami belum tahu kejelasannya,”.
Untuk sementara, pihaknya akan tetap mengamankan WNA asal Cina tersebut di Imigrasi sambil menunggu kejelasan dokumennya.

LEAVE A REPLY