Bupati Sumbawa akan Blacklist Kontraktor Asal-Asalan

0
344

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Adanya keterlambatan pengerjaan proyek yang bersumber dari APBD Murni, hingga saat ini belum juga terselesaikan. Hal itu mendapat tanggapan keras dari Bupati Sumbawa H Husni Djibril Bsc, bahkan menegaskan akan melakukan blacklist bagi rekanan atau kontraktor pelaksana, saat dicegat Gaung NTB usai melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Polres sumbawa, Jumat (06/01).
H Husni memaparkan, terkait dengan masih adanya pengerjaan proyek yang belum selesai, harus diukur bagaimana kualitasnya, maka tentunya akan ada kajian teknis lainnya. “Jangan hanya melihat secara kasat mata, akan tetapi hal tersebut merupakan sebuah masukan kepada pemerintah,” jelas H Husni.
Banyak faktor yang bisa menjadi penghambat, seperti waktu pengerjaannya yang sangat sempit, faktor-faktor lain yang menghambat pekerjaan tersebut seperti gangguan bencana alam atau hal lainnya. “Keterlambatan pekerjaan tersebut lebih dominan diakibatkan oleh faktor alam bukan akibat kelalaian semata atau unsur kesengajaan,” terang H Husni.
Dalam hal keterlambatan pekerjaan, H Husni menerangkan, bahwa ada aturan-aturan yang mengatur hal tersebut misalnya perpanjangan waktu pengerjaan hingga mencapai waktu 50 hari atau bisa saja dilanjutkan pada tahun 2017.
Saat ditanya terkait dengan adanya pengerjaan proyek pada APBD murni yang hingga saat ini belum diselesaikan, Bupati Sumbawa menegaskan, kalau pengerjaan yang bersumber dari APBD murni, maka ada dua faktor yang menyebabkan keterlambatan pekerjaannya, hal yang pertama yakni ada kelalaian dari instansi terkait dan juga dari pihak pelaksana atau rekanan. “Lebih jauh hal tersebut akan dicermati dan diteliti, apakah benar menggunakan APBD murni, karena rentang waktu yang cukup panjang”, jelas H Husni.
Kalau ada unsur kelalaian dari rekanan maka tentunya rekanan atau kontraktor pelaksana tersebut akan di blacklist oleh Pemerintah Daerah, “Kalau ada rekanan yang main-main, maka pemerintah daerah segera bertindak tegas,” pungkas H Husni.

LEAVE A REPLY