Bappeda Mulai Review Renstra Perangkat Daerah

0
414

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa sekarang ini mulai melakukan review terhadap Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah yang diawali oleh Renstra Bappeda sendiri. Review Renstra tersebut dilakukan untuk disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJDM) Kabupaten Sumbawa yang sebelumnya sudah dilakukan review berdasarkan OPD baru, hal itu disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, H Iskandar, MEc.Dev kepada Gaung NTB, Selasa (10/1).
Untuk diketahui jelas Haji Ande—sapaan akrab Kepala Bappeda Sumbawa, bahwa review RPJMD Kabupaten Sumbawa merupakan yang pertama di Indonesia. “Kami yang paling pertama di Indonesia merampungkan reviwu RPJMD,” ujarnya.
Dijelaskan H Ande, bahwa dilakukannya review Renstra ini diawali dengan adanya perubahan UU Nomor 32 tentang Pemerintah Daerah, sehingga berubah Perangkat Daerah, diantaranya seperti terminologi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi Perangkat Daerah (PD), karena Perangkat Daerah sekarang ini sudah efektif dan Perangkat Daerah baru sudah diperdakan kemudian sudah berlaku efetif serta sudah dilakukan pengisian jabatan pada Perangkat Daerah tersebut, maka Perangkat Daerah ini harus melakukan review (meninjau kembali) untuk disesuai dengan RPJMD yang sebelumnya juga sudah direview. “Karena RPJMD sudah direview, maka implikasinya Renstra Perangkat Daerah yang merupakan penjabaran dari RPJMD juga harus direview,” jelasnya.
Review ini menurut H Ande, bertujuan untuk menyesuaikan kembali dengan indikator kinerja yang ada dalam RPJMD, karena di RPJMD review itu ada penataan kembali tentang sasaran, sampai kepada indikator kinerja pembangunan 5 tahun. “Review Renstra ini harus dilakukan oleh semua Perangkat Daerah dan telah diawali oleh Bappeda sebagai lembaga perencana daerah,” jelasnya.
Bappeda sebagai lembaga perencana kata H Ande, ingin memberikan contih bagi Perangkat Daerah lain bagaimana melakukan reviwu Renstra.
Masih kata H Ande, review yang dilakukan oleh Perangkat Daerah, selanjutnya akan dievaluasi oleh Bappeda untuk melihat konsistensi, apakah sudah sesuai dengan hasil review RPJMD. Setelah hasil evaluasi dilakukan perbaikan dan penyempurnaan, baru kemudian disahkan oleh Bupati dan ditetapkan oleh kepala Perangkat Daeraah yang baru, selanjutnya diterjemahkan dalam Rencana Kerja (Renja) tahunan.
Untuk diketahui kata Haji Ande, bahwa instruksi untuk melakukan review ini sudah disampaikan Bupati Sumbawa dalam setiap kesempatan, termasuk disampaikan dalam pidato pada saat mutasi belum lama ini.
Oleh karena itu Haji Ande berharap kepada seluruh Perangkat Daerah untuk mulai mempelajari mekanisme review Renstra Perangkat Daerah. “Review Renstra ini akan menjadi salah satu bahan evalusi bagi Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka mutasi berikutnya,” demikian H Iskandar.

LEAVE A REPLY