PT Newmont Nusa Tenggara

Masyarakat Protes Pengaspalan Jalan Lingkungan Lenangguar

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pengerjaan pengaspalan jalan lingkungan Lenangguar mendapat protes keras dari masyarakat. Pasalnya pengerjaan tersebut diduga hanya asal-asalan, sehingga tidak memenuhi kualitas standar pengerjaannya dan bahkan baru hanya beberapa hari aspalnya sudah berlumpur dan berlubang.
Tokoh Muda Desa Lenangguar, Erwin Krisna kepada Gaung NTB, Jum’at (6/1) mengatakan sebagai masyarakat Desa Lenangguar, merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan adanya proyek peningkatan jalan lingkungan di Lenangguar. “Sebelumnya jalan lingkungan Desa Lenangguar kondisinya sangat memprihatinkan penuh lubang dan berlumpur saat hujan,” ujar Erwin.
Kondisi saat ini setelah pengerjaan jalan lingkungan Desa Lenangguar masih menyisakan sedikit rasa tidak puas, dikarenakan beberapa lokasi pengerjaan hotmix terkesan asal-asalan. Bahkan ada tempat dimana ketebalan aspal hanya berkisar 2 cm bahkan kurang, belum lagi komposisi campuran aspal yang tidak merata, sehingga koral masih terlihat berlubang, LPA masih terlihat dan aspal tak menutup sempurna pada badan jalan. “Beberapa warga sudah menegur para pekerja tentang tipisnya aspal di beberapa titik, dan pengerjaannya dikerjakan pada malam hari hingga bisa dipastikan hasilnya kurang maksimal,” terang Erwin.
Biasanya proyek yang dikerjakan dari APBN, APBD I dan APBD II selalu ada papan informasi proyek dan menjadi aneh tatkala ada proyek terkesan tertutup bahkan tidak ada ruang saran dari masyarakat pemanfaat. “Jangan sampai proyek hanya efektif digunakan masyarakat selama 1 atau 2 tahun dan apalagi mengingat Lenangguar jarang sekali ketiban proyek seperti itu,” jelas Erwin.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumbawa, H Husni Djibril Bsc menerangkan bahwa, ada beberapa hal yang harus dilihat, faktor yang menyebabkan kerusakan, apakah karena faktor alam walaupun mengejar waktu jangan sampai kualitas pengerjaannya tidak baik. “Jika pekerjaan tersebut tidak baik, maka sudah menjadi tugas kontraktor pelaksana untuk diperbaiki, apalagi ada tahap pemeliharaan,” tukas H Husni.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply