PT Newmont Nusa Tenggara

Standar Keselamatan transportasi Laut Patut Diperhatikan

Taliwang, Gaung NTB
Insiden kecelakaan terbakarnya kapal motor Zahro Ekspress, di perairan Kepulauan Seribu Jakarta, seakan mencerminkan betapa lemahnya pengawasan standar keselamatan dari Kementerian Perhubungan. Tentunya beberapa aspek harus diperhatikan manakala izin kelayakan, standar keselamatan serta standar safety kapal motor tidak diindahkan para pengelola transportasi laut.
Merujuk atas insident terbakarnya kapal motor Zahro Ekspress, yang menewaskan 23 penumpang, 17 luka luka serta 17 lainnya dinyatakan hilang, Kepala Litbang Forum Komunikasi Wartawan Kemutar Telu (FKWKT) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kamaruddin, SH, mendesak pemda setempat, segera melakukan menitoring dan mengirimkan petugas khusus memantau operasi kapal motor pengangkut penumpang di wilayah setempat. 
Alasannya puncak liburan akhir tahun memicu tingginya aktifitas warga yang menggunaan transportasi kapal motor untuk berlibur. Misalnya ke Pulau Kenawa, pulau Paserang dan Kepulauan Gili Balu. “Kami dorong pemda melalui Dinas Perhubungan, untuk memastikan keselamatan transportasi laut. Terutama izin kelayakan operasi dan standar keselamatan kapal motor ini,” ujarnya.
Kapal motor sebagai moda transportasi massal harus diawasi. Semua operasionalnya harus  memenuhi standar, demikian pula peran Syahbandar juga harus dikoordinasikan pemerintah agar sama sama mengawasi keselamatan penumpang. “Disaat kebutuhan penggunaan moda transportasi ini tinggi disaat itulah pemerintah harus meningkatkan pengawasan. Itu tugas pemerintah, tidak perlu diminta. Jangan karena ada korban tewas baru bergerak. Ini namanya tak faham tugas,” kritiknya.
Sementara itu, Bupati KSB, melalui Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), H Mashur Yusuf ST, sangat merespons perlunya pengawasan terhadap operasional kapal motor ini.
Ia bahkan telah menginstruksikan petugas bidang transportasi laut menerjun petugas guna mengawasi dan memandu keselamatan penumpang kapal motor dari dan menuju pulau pulau wisata di Sumbawa Barat. “Kami sudah memantau dan menerjunkan petugas guna mengecek peralatan keselamatan dan kelayakan operasional perahu. Lebih baik siap siaga dan mencegah ketimbang menunggu  kami faham itu tugas kami,” katanya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply