PT Newmont Nusa Tenggara

Polres Sumbawa Sosialisasi Tarif Baru PNBP

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Polres Sumbawa, mengadakan sosialiasi Peraturan baru Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang jenis tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Polri, dalam waktu dekat akan berlaku, sehingga dirasakan penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Hal ini dilaksanakan oleh Polres sumbawa di ruang rapat utama (RUPATAMA) Polres Sumbawa, Rabu (04/01) yang dihadiri seluruh Kapolsek, serta sejumlah SKPD dan wartawan.
Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK menjelaskan, PP tersebut sebagai pengganti PP nomor 50 tahun 2010 yang telah diundangkan pada 06 Desember lalu dan diberlakukan satu bulan kemudian yakni 6 Januari 2017. Sosialisasi ini dirasakan penting agar masyarakat tidak kaget dengan adanya tarif PNBP yang baru. “Saya berharap supaya para Kapolsek juga dapat menyampaikan kepada pemerintah kecamatan, serta menggerakkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dengan berbagai cara”, tegas AKBP Muhammad.
Dalam kegiatan tersebut, Kasat Lantas Polres Sumbawa, IPTU Donny Wira S memaparkan panjang lebar jenis PNPB yang yang mengalami kenaikan tarif serta adanya penambahan jenis PNBP baru, seperti SIM C I, C II dan D I. Dalam peraturan tersebut, juga ditekankan kenaikan tarif STNK Lintas Batas Negara (LBN) bagi kendaraan roda dua dan empat, serta Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan yang tarifnya mencapai maksimal Rp 20 juta dan minimal Rp 5 juta.
Di tempat yang sama, Kasat Intelkam Polres Sumbawa, AKP Yunus Lobar juga memaparkan adanya tarif terbaru kenaikan biaya pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Rp 10.000 naik menjadi Rp 30.000. Meski demikian, masyarakat yang hendak mengurus SKCK di Polres Sumbawa tidak harus melengkapi diri dengan surat rekomendasi dari Desa, Polsek, dan Kelurahan, cukup membawa foto copy KTP, KK dan Akta Kelahiran. “Prosesnya hanya 5 menit jika semua syarat sudah dipenuhi dan telah mengisi form yang disediakan”, pungkas Yunus Lobar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply