PT Newmont Nusa Tenggara

Brimob Musnahkan Mortir dan Granat

Sumbawa Besar, Gaung NTB
8 unit Mortir dan 1 unit Granat yang masih aktif dimusnahkan oleh Tim Gegana Satuan Brimob Subden 2 Den A Sumbawa di Mako Brimob setempat, Rabu (04/01) kemarin.
Pemusnahan bom tersebut dipimpin Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK didampingi Danki Brimob, Kasat Intel, Kabag Ops, dan perwakilan Wartawan.
Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK kepada Gaung NTB, usai pemusnahan menyampaikan bahwa peledakan disposal bom temuan tersebut berasal dari 2 TKP berbeda,  yakni 8 unit Mortir yang ditemukan di Dusun Bajo Medang, Kecamatan Labuhan Badas dan 1 unit Granat dari Desa Lape. Pemusnahan bahan peledak menurut Muhammad, sangat ketat, karena sensitif sehingga harus berhati–hati. Sebelum diledakan jelasnya, terlebih dahulu dicek dengan mengenakan rompi anti peluru lengkap dengan helm anti peluru. Proses pemusnahan, diawali dengan bahan peledak tersebut dimasukan ke dalam lubang sedalam sekitar 20 cm, kemudian dilapisi ban bekas berbahan karet untuk mengurangi kekuatan daya ledak dan suara ledakan.
Menurut Kapolres, Bahan peledak yang masih aktif tersebut ditemukan masyarakat setempat kemudian dilaporkan ke aparat Polres Sumbawa dan berkoordinasi Subden Brimob untuk mengamankannya. Lantaran bahan peledak tersebut masih aktif maka diamankan di gudang Subden Brimob, namun dikhawatirkan bersiko meledak kalau terlalu lama diamankan sehingga dilakukan disposal supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply