PT Newmont Nusa Tenggara

UN Tetap Dilaksanakan

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017, tetap dilaksanakan. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi persiapan UN dan USBN di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), belum lama ini.
Kabid Dikdas dan TK Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabuaten Sumbawa, Sahabuddin, SAP, MSi, yang turut serta dalam rapat koordinasi tersebut, membenarkan UN ini tetap digelar. “UN tetap dilaksanakan. Begitu juga dengan Ujian Sekolah (US), ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), untuk beberapa mata pelajaran,” ujarnya.
Untuk SMP mata pelajaran yang di UN kan meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Sementara USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN dan IPS.
Mengenai sistem pelaksanaan UN kata mantan Kabid Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa ini, ada dua. Pertama pola Ujian Nasional Berbasis Komputer, dan kedua Berbasis Kertas.
Pelaksana UNBK terangnya, adalah sekolah-sekolah yang sudah mendaftarkan diri di Kemendikbud. Di Kabupaten Sumbawa sendiri, ada sejumlah sekolah yang sudah pasti menerapkan ujian dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, baik secara mandiri mau pun swadaya.
Sahabuddin menegaskan, tahun 2018 nanti, Kemendikbud akan memperluas pelaksanaan UNBK baik untuk UN mau pun USBN. Di tahun yang sama, Kemendikbud menargetkan 60% seluruh Indonesia, harus sudah UNBK. “Untuk fasilitas pendukungnya akan didroping oleh Kemendikbud,” tandasnya.
Lebih lanjut Sahabuddin, mengatakan ada perbedaan antara UN dan USBN. Perbedaan itu terletak di pembuatan soal. Untuk soal UN, dibuat langsung oleh pemerintah pusat. Sedangkan soal USBN, pembuatan soalnya diserahkan kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kadis Diknas bertindak sebagai penanggungjawab. “UN dan USBN ini bukan penentu kelulusan. Ini (UN dan USBN) sebagai pemetaan peningkatan mutu pendidikan terhadap mata pelajaran yang diujiankan,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply