Tahun 2017 Ponpes Al-Majidiyah Sumbawa Bangun Gedung Baru

0
577
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pondok pesantren (Ponpes) Al-Majidiyah besutan pengurus daerah NW Kabupaten Sumbawa, dengan ketum H Masun SPd, SH, Ponpes yang baru berusia tujuh bulan akan mulai memiliki gedung mandiri yang berlokasi di KM-5 berlokasi di samping Brimob Sumbawa.
Dari keterangan yang disampaikan oleh pengurus bahwa pembangunan gedung baru yang semula direncanakan akan di bangun di Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu. Kemudian dialihkan ke wilayah kota, mengingat lahan tanah hibah untuk pembangunan sudah ada, dan pertimbangan lainnya oleh pengurus lebih rasional. Alhasil semua material yang sudah diturunkan di lokasi Moyo Hulu, akan dipindahkan ke lokasi baru dalam waktu dekat.
Ketua bagian pengkajian dan pengembangan PD NW Kabupaten Sumbawa, Abdul Hakim Kanafy, M.Pd ,menjelaskan keberadaan Ponpes Al-Majidiyah, yang telah melahirkan dua madrasah yaitu MTs Al-Majidiyah dan MA Al-Majidiyah, adalah sebuah inisiatif dan pengembangan amal usaha bidang pendidikan bagi warga NW secara khusus, dan masyarakat secara umum. Sementara masih berstatus terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa. Dan sedang dalam proses pengurusan perijinan. Masalah kegiatan proses pembelajaran sementara menggunakan local kampus hijau STKIP Paracendikia NW Sumbawa.
Mengenai tenaga pendidik dan kependidikan Ponpes Al-Majidiyah sudah memenuhi standar operasional. Mata pelajaran dan kurikulumnya adalah kolaborasi antara kurikulum kementerian agama dan kurikulum pondok pesantren.
Dijelaskan Hakim Kanafy, Ponpes sejatinya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat perlu disuport keberadaannya, disebabkan di lembaga itu nantinya akan melahirkan para anak bangsa yang memiliki karakteristik beragama berbangsa dan bernegara yang kuat. Karenanya diharapkan dukungan dan peran serta masyarakat untuk mendukung keberadaan ponpes yang ada. Khususnya bagi kalangan warga nahdlatul wathan. “Kita bersyukur masih bisa berbuat membantu pemerintah walaupun belum seberapa untuk ikut bersama-sama membangun daerah melalui jalur pendidikan. Semoga dicatat sebagai amal jariyah di sisi Allah SWT,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY