Pemkab Sumbawa Gelar Rakerda UKS

0
403
loading...
loading...

Sumbawa Besar,Gaung NTB
Sebagai upaya terpadu untuk mensinergikan program dan kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS guna meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar siswa dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta menciptakan lingkungan yang sehat, Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kabupaten Sumbawa yang berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (14/12).
Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sumbawa, Sahabuddin SSos, MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakerda tersebut diikuti 96 orang yang terdiri dari unsur Pembina UKS Kecamatan, Unsur Puskesmas masing – masing kecamatan, serta Guru Pembina UKS. Yang menjadi narasumber terdiri dari tiga orang yaitu Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa selaku Ketua Harian Tim Pembina UKS Sumbawa Dr H Muhammad Ikhsan MPd, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dr Hj Nieta Ariyani, Kepala Seksi Kesetaraan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa Drs Umar MSi.
sementara itu Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Sumbawa Dr H Muhammad Ikhsan MPd dalam arahannya menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional.
Pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.
Untuk diketahui bersama lanjut H Ikhsan, bahwa capaian pembangunan kesehatan sudah cukup membanggakan dan derajat kesehatan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Meski demikian, masih banyak masalah kesehatan yang harus dicarikan solusinya. Saat ini masyarakat dihadapkan pada pekerjaan rumah untuk bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat serta generasi yang sehat dan berkualitas. Tentu dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan pembangunan kesehatan sangat dibutuhkan agar derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat secara berkesinambungan.
Terkait dengan pembinaan dan pengembangan UKS disampaikannya hal itu merupakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk diketahui kata H Ikhsan, permasalahan yang dihadapi bidang kesehatan sekarang ini adalah masih rendahnya perilaku hidup bersih dalam masyarakat di beberapa tempat, terutama dalam hal pencemaran lingkungan karena sampah dan limbah rumah tangga, dan tidak mencuci tangan dengan baik.
Sehingga tidak mengherankan katanya, kasus diare, malaria, demam berdarah di masyarakat masih cukup tinggi dan hampir terjadi setiap tahun. selain itu juga masih terdapat kasus cacingan dan gizi buruk. Hal-hal tersebut di atas tentu tidak bisa diintervensi hanya oleh petugas kesehatan.
“Kepedulian, keterlibatan, dan partisipasi semua pihak mutlak diperlukan,” katanya.
Untuk itulah, melalui Rakerda UKS tingkat Kabupaten Sumbawa H Ikhsan, berharap dapat menjadi media bagi pihak sekolah untuk dapat ikut terlibat lansung dalam pembangunan kesehatan khususnya di lingkungan sekolahnya masing-masing.
“Kita semua bertanggungjawab melakukan pembinaan secara terus menerus agar kader-kader kesehatan yang ada di sekolah mampu dan termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di sekolah,” demikian H Ikhsan.

loading...

LEAVE A REPLY