Kemenang Sumbawa Terus Berkomitmen Bangun Pendidikan Madrasah

0
283
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk membangun sektor pendidikan khususnya Madrasah di Kabupaten Sumbawa berbagai program telah dilaksanakan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa agar menjadi orang-orang yang berilmu dan beriman.
Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Sumbawa, Drs H Syukri MSi kepada Gaung NTB belum lama ini menyampaikan bahwa terkait dengan pendidikan Madrasah hal itu merupakan salah satu fokus dari Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa untuk terus dikembangkan.
Dijelaskannya, bahwa sentuhan pendidikan madrasah itu adalah pendidikan umum berbasiskan agama yang terintegrasi.
Lebih jauh dijelaskannya bahwa dalam pendidikan Madrasah itu agar perpaduan antara mata pelajaran umum dengan agama seperti pada saat guru Biologi mengajarkan tentang reproduksi, maka disitu ada sentuhan ilmu fikih, ilmu akidah, dimasukan sentuhan yang namanya Al Quran Hadis, sehingga anak-anak akan paham tentang apa yang menjadi faktar utama dalam hidupnya dengan memahami faktor reproduksi awal.
Sementara dari sisi kesejahtaraan guru Madrasah, disampaikan H Syukri, bahwa seluruh guru Madrasah diberikan fasilitas yang cukup memadai terutama dari tingkat kesejahteraan seperti tunjangan sertifikasi yang dibayar setiap bulan. “Untuk tunjangan profesi ini tidak ada satupun tunggakan, kita sudah dibayarkan tepat waktu, meski sebelumnya sempat ada kendala,” ujarnya.
Demikian juga dengan guru non PNS di lingkup Kemenag Sumbawa menurutnya, juga diberikan tunjangan profesi guru non PNS, yang disebut dengan Impasing. “Pemberian Impasing itu sudah dilakukan dalam satu tahun terkahir ini,” ujarnya.
Peningkatan kesejahtaran guru, menurut Syukri tidak lain dengan harapan agar guru-guru di Madrasah ini mampu menggerakkan potensi diri untuk meningkatan mutu diri dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Sementara untuk dilingkup Kemenag sendiri menurut H Syukri, tunjangan kinerja sudah mencapai 60 persen, bahka sekarang ini ada wacana bahwa guru pun akan mendapatkan tunjangan kinerja disamping tunjangan profesi yang sudah ada, semua itu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu guru.
Selanjutnya untuk sarana pendidikan menurut pejabat murah senyum itu, Kemenang menyampaikan terima kasih kepada masyarakat terutama masyarakat Empang dan Alas yang telah memberikan kepercayaan kepada Kemenag Sumbawa melalui program pendidikan Madrasah, meskipun dari sisi sarana dan prasarana masih harus dibenahi. “Antusiasme masyarakat untuk memasukkaan anak di Madrasah cukup luar biasa,” katanya.
Kedepan jelasnya, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan Madrasah akan terus dibenahi agar menjadi lebih baik lagi. “Pembangunan sarana terus diupayakan dan kita punya keyakinan Madrasah akan terus dibenahi seperti yang sudah dilakukan di MAN 1 Sumbawa dan MTS Sumbawa,” paparnya.
Disampaikan pula, bahwa pada pendidikan Madrasah ini sudah menunjukkan kemajuan dan prestasi yang luar biasa termasuk, seperti pendidikan ekstrakurikuler yang ada di MTS Empang yang berhasil meraih kejuaraan drum band tingkat provinsi. “Ternyata potensi itu ada di Madzarah dan kami punya keyakninan Madrasah akan terus maju dan berkembang dengan pesat di Kabupaten Sumbawa,” katanya.
Tidak itu saja kata H Syukri, pada pendidikan Madrasah ini anak-anak diarahkan untuk menghafal Al Quran, dengan ketentuan setiap kelas menghapal 1 juz, apabila sampai kelas 3 maka diharapkan sudah menghapal 3 juz dan seterunya. “Ternyata orang yang bisa menghapal Al Quran jauh lebih cepat pintar dibandingkan orang yang tidak menghapal Al Quran,” katanya.
Pada perguruan tinggi tertentu di Indonesia seperti UGM, memberikan hak istimewa kepada anak-anak yang bisa menghafal Al-Quran 20 juz yakni dapat diterima di Fakultas Kedokteran tanpa melalui tes. “Yang penting bisa hafal Al Quran 20 juz, langsung diterima masuk kedokteran tanpa tes,” katanya.
Belum lagi apresiasi luar biasa lainnya sambung H Syukri, yakni adanya anak-anak yang mendapatkan akses kuliah di perguruan tinggi terkenal luar negeri bagi mereka yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran.
Oleh karena itu H Syukri mengajak masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di Madrasah, agar supaya memiliki kelebihan. “Tidak ada yang lebih baik pendidikan itu, kecuali hanya di Madrasah, karena di Madrasah anak-anak diajarkan pengetahuan umum sekaligus pengetahuan agama yang lebih,” demikian H Syukri.

loading...

LEAVE A REPLY