PT Newmont Nusa Tenggara

Isu WNA Ilegal Disdukcapil KSB Tetap Lakukan Monitoring Sejumlah Obyek

Taliwang, Gaung NTB
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, sangat intens melakukan pengawasan terhadap pendatang khususnya Warga Negara Asing (WNA) asan Tiongkok.
Hal ini dilakukan untuk menyikapi isu terkait maraknya WNA Tiongkok, yang berdatangan ke Indonesia. Terlebih lagi di KSB, beberapa waktu lalu pernah menjaring warga asing yang dipekerjakan di PLTU, yang beroperasi di Desa Kertasari Kecamatan Taliwang.
Ditemui Gaung NTB, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Drs Alwi, mengakui tahun 2015 lalu, puluhan WNA tanpa dokumen lengkap, telah diproses dan dipulangkan ke negara asalnya.
Demikian juga di tahun 2016 ini, dari hasil pelaksanaan operasi gabungan bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) terdiri atas unsur Kepolisian, Kantor Imigrasi, Dinas Dukcapil, Kesbangpoldagri dan sejumlah instansi terkait lainnya. “Tetap kami monitor setiap ada WNA, karena di KSB ini ada beberapa perusahaan besar seperti PT AMNT dan PLTU Kertasari,” ujarnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply