PT Newmont Nusa Tenggara

Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan HKSN Berlangsung Meriah

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pemda Sumbawa melalui Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), pada Senin (19/12). Dalam kegiatan tersebut berlangsung meriah karena menampilkan sejumlah atraksi kesenian yang dibawakan oleh siswa Sekolah Luar Biasa (LSB) Sumbawa.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, Tri Karyati S.Sos, dalam laporannya menyampaikan bahwa Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang diperingati dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan pesoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraannya.
Selain itu juga untuk meningkatkan gerakan peduli dan berbagi oleh, dari, dan untuk masyarakat baik sendiri maupun bersama. Kemudian mengembangkan semangat kegotongroyongan dan kekeluargaan menuju terwujudnya Indonesia sejahtera.
Dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional dan HKSN, menurut Tri Karyati, ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Sosial diantaranya kegiatan Donor Darah, penyaluran bantuan kepada Lansia dan Penyandang Disabilitas berupa jaminan hidup, penyaluran bantuan sembako serta penyaluran alat keterampilan.
Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam arahannya menyampaikan peringatan HKSN yang diselenggarakan pada 20 Desember setiap tahunnya merupakan ungkapan rasa sukur dan hormat atas keberhasilan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah. Melalui peringatan HKSN ini diharapan dapat menjadi alat pengungkit untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat yang dilaksanakan di tingkat Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota.
Untuk diketahui bersama kata H Mok—sapaan Wakil Bupati Sumbawa, bahwa kesetiakawan sosial adalah nilai sikap dan prilaku sosial yang mengatur hubungan sosial antara warga satu dengan warga lainnya, dengan menumbuhkan sikap dan tindakan saling perduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan toleransi dan kesataraan guna meningkatkan harkat martabat dan harga diri setiap warga Negara Indonesia.
Sementara terkait dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahun, disampaikan H Mok, dengan peringatan HDI ini, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dapat berjalan dengan baik, disamping itu katanya, adanya peningkatan pemahaman kepeduliaan dan keberpihakan negara dan seluruh komponen masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Diharapkan pula dapat menciptakan akses pemberdayaan bagi para penyandang disabilitas sehingga terwujud masyarakat yang ingklusif dalam asfek kehidupan. ‘’Marilah kita terus membangun daerah ini dengan semangat kesetiakawanan sosial dan menjadikan penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Sumbawa yang perlu dilindungi hak-haknya,’’ harapnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply