PT Newmont Nusa Tenggara

PELAKU PEMBUNUHAN NGALI DIVONIS 11 TAHUN

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Majelis hakim Pengadilan Negeri Sumbawa Besar diketuai Hari Suprianto SH MH dengan hakim anggota Reza Tyrama SH dan Agus Supriyono SH, Selasa (20/12), menjatuhkan vonis pidana selama 11 tahun penjara potong tahanan kepada terdakwa Rusni Wardana (27) karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana diatur dalam Pasal 338 KUHP, terhadap korban Sukrini pada 1 April lalu.
Dalam amar putusan pidananya, majelis hakim juga memerintahkan agar barang bukti sebilah parang dirampas negara untuk dimusnahkan.
Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum Feddy Hantyo Nugroho SH menuntut pemuda tani asal Dusun Ngali Desa Labuan Kuris Kecamatan Lape itu dengan hukuman 12 tahun penjara.
Terdakwa yang didampingi Penasehat Hukumnya Advocat Aden Syamsuddin SH, langsung menyatakan menerima dengan lapang dada, sedangkan Jaksa seperti biasa menyatakan pikir-pikir.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terdakwa melakukan tindak pidana pembunuhan pada hari Jum’at 1 April 2016 sekitar pukul 19.00 Wita di TKP jalan usaha tani Ai Lepok Dusun Ngali Desa Labuan Kuris Kecamatan Lape Sumbawa.
Ketika itu korban baru saja pulang dari sawah. Saat melintas di TKP tidak diduga bertemu dan langsung menyenter wajah terdakwa. Di saat itulah terjadi percekcokan diantara keduanya tentang suatu permasalahan sebelumnya. Korban lalu hendak mencabut parang disampingnya itu, namun dengan refleks direbut terdakwa untuk kemudian korban ditebas hingga mengenai leher mengakibatkan urat vena putus, sesuai Visum Et Refertum yang dibuat dokter Puskesmas Lape. Korbanpun jatuh tersungkur berlumuran darah di TKP, lantas terdakwa segera angkat kaki meninggalkan TKP.
Terdakwa berpapasan dengan seorang warga setempat yang kemudian menjadi saksi atas pembunuhan tersebut. Terdakwa sendiri sempat menghilang ke Surabaya selama 2 bulan, namun akhirnya menyerahkan diri kepada pihak Kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply