PT Newmont Nusa Tenggara

DKPP KSB Rencanakan Pengembangan Keramba Jaring Apung

Taliwang, Gaung NTB
Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir Mansyur Sofyan MM, bakal melakukan pengembangan Keramba Jaring Apung (KJA). Sasarannya yaitu di perairan Nanga Telaga Bertong, yang merupakan muara atau pertemuan antara air tawar dan air asin.
Sebagaimana diketahui, potensi perikanan di perairan setempat terbilang cukup menjanjikan. Hal ini telah dirasakan manfaatnya oleh nelayan yang melakukan tangkapan ikan di kawasan tersebut. “Saya rasa kawasan perairan Nanga ini, perlu dikembangkan melalui program KJA, karena warga nelayan telah merasakan dampak positif,” kata Mansyur Sofyan.
Terbukti kata dia, sejumlah warga nelayan mampu memperoleh penghasilan dari hasil tangkapan ikan yang kemudian di jual. Itupun dengan harga yang cukup bagus.
Diakuinya, pada tahun anggaran 2015 lalu, program serupa pernah dilaksanakan. Namun, tidak  berkesinambungan. “Penyebabnya tidak begitu jelas,” ujarnya.
Untuk melaksanakan pengembangan KJA di kawasan perairan Nanga Telaga Bertong ini, tentunya DKPP KSB kembali akan merumuskan dalam bentuk mengusulkan kembali program serupa.
Tentunya dengan berlandaskan komitmen yang kuat memberdayakan potensi yang ada guna, meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para nelayan yang selama ini mengais rejeki di perairan Nanga.
Lebih lanjut Mansyur Sofyan mengatakan, informasi dari masyarakat setempat ternyata perairan Nanga ini, sangat cocok dijadikan obyek rekreasi wisata kuliner.
Itu dikarenakan, populasi ikan yang berasal dari perairan tersebut, dari segi cita rasanya berbeda dengan ikan di perairan lainnya. Sehingga tidak heran banyak warga sangat menggemari ikan Nanga, mulai dari udang, kepiting hingga ikan Nila. “Sudah selayaknya keberadaan Nanga ini, harus diperhatikan karena mampu mendatang hasil untuk menopang ekonomi masyarakat, tak terkecuali warga nelayan,” tandasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply