PT Newmont Nusa Tenggara

Tim P2HP Disperta Monitoring Cetak Sawah 2016

Moyo Hulu, Gaung NTB
Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disperta) Kabupaten Sumbawa melalui Tim Pemeriksa dan Penerima Hasil Pekerjaan (P2HP) beserta tim teknis, program cetak sawah tahun 2016 melakukan monitoring hasil cetak sawah dan realisasi tanam padi pada lokasi cetak sawah di 7 kelompok tani, yang berlangsung di Kecamatan Moyo Hulu, Kamis (15/12).
Ketua Tim P2HP Disperta, Hasanuddin SP kepada Gaung NTB menjelaskan, luas areal yang sudah dicetak dalam 7 kelompok seluas 297,90 hektar. “Hasil cetak sawah baru secara teknis cukup baik namun ada beberapa kelompok perlu perbaikan pematang yang tercetus kena banjir,” ujarnya.
Sementara untuk  tanam padi perdana di areal persawahan cetak sawah, menurut Hasanuddin, sudah mencapai 80 persen, ada yang menanam padi baik dengan sistem tugal (tanam benih langsung/tabela) dan melalui sistem penyemaian. “Padi yang ditanam itu rata – rata sudah berumur sekitar dua minggu,” jelasnya.
Selain itu tim juga melakukan monitoring pada kelompok tani yang sudah menerima Sabrodi dan sudah dibagi oleh ketua kelompok masing-masing kepada anggota kelompok tersebut. “Diharapkan agar semua kelompok tani yang mendapatkan program cetak sawah tahun 2016, dapat memanfaatkan lahan dengan menghasilkan produk padi yang baik, karena bisa membantu ketersediaan pangan nasional,” pungkas Hasanuddin.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply