PT Newmont Nusa Tenggara

Pemuda Berbagi Gelar Bazar Produk Kreatif Sampah

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sampah seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, sejatinya sampah memiliki nilai ekonomis tinggi jika dimanfaatkan dan dikelola dengan maksimal.
Berangkat dari persoalan diatas, Kelompok Pemuda Berbagi Sumbawa menggelar Bazar Kreatif Sampah bagi pelajar, mahasiswa dan umum se-Kabupaten Sumbawa yang berlangsung 14-15 Desember 2016 lalu di Taman Mangga, Sumbawa Besar berjalan sukses dan meriah.
Berbagai produk industri kreatif yang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang pada umumnya berhasil mengundang decak kagum masyarakat yang menyaksikan acara tersebut, seperti bingkai kaca yang unik, tas hasil limbah kertas, gantungan kunci dari kayu dan semua hasil karya tersebut bernuansa lokal.
Diikuti puluhan peserta yang berasal dari SMA, Perguruan tinggi se-Pulau Sumbawa, komunitas pemuda dan masyarakat umum memilih ambil bagian dalam kegiatan tersebut.
Ketua panitia, Yeri Kuswandi kepada Gaung NTB mengatakan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini agar peserta lebih mencintai lingkungan dan sebagai ajang kreatifitas produk khas Sumbawa dan menciptakan UKM kecil yang berbasis sampah di kalangan pelajar dan mahasiswa.
“Kita harus melakukan aksi nyata untuk memulai revolusi mental demi merubah pola pikir masyarakat untuk lebih berkawan dengan sampah” ujar Yeri.
Diungkapkannya, kegiatan bazar kreatif sampah ini akan dijadikan event tahunan. Tidak hanya itu, kemitraan akan mulai dibangun dengan semua industri kreatif sampah tingkat nasional.
“Kami berharap produk kreatif sampah ini dapat menjadi produk unggulan khas Kabupaten Sumbawa yang bisa digunakan sebagai cinderamata untuk menarik wisatawan” jelas Yeri.
Dalam kesempatan ini Ketua Panitia sangat antusias dan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung kegiatan ini. “Semoga dukungannya dapat menjadi pemicu dalam mengelolah sampah untuk menjadi produk kualitas,” pungkas Yeri.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply