PT Newmont Nusa Tenggara

KNPI Sumbawa Gelar Bazar Kreatif Sampah

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sampah seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, sejatinya sampah memiliki nilai ekonomis tinggi, jika dimanfaatkan dan dikelola dengan maksimal. Berangkat dari persoalan di atas, Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabuaten Sumbawa,  menggelar bazar kreatif sampah tingkat kabupaten, yang berlangsung dari tangal 14—15 Desember 2016. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Manga, samping kantor Bupati Sumbawa itu, berlangsung sukses dan meriah. Berbagai produk industri kreatif yang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang pada umumnya, berhasil mengundang decak kagum masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.
Diikuti puluhan peserta yang berasal dari SMA, Perguruan tinggi se pulau Sumbawa, komunitas pemuda dan masyarakat umum memilih ambil bagian dalam kegiatan tersebut.
Kepada Gaung NTB, Ketua DPD KNPI setempat, M Ihsan Imanuddin, ST, mengatakan bahwa Indonesia, saat ini sedang mengalami permasalahan lingkungan yang sangat serius tidak terkecuali Sumbawa. Menurutnya, dari data yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, tercatat lebih dari 3000 meter kubik sampah terus dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Raberas, setiap bulannya tanpa melalui proses pengelolaan terlebih dahulu. Hal itu menyebabkan volume sampah terus mengalami kenaikan sehingga tidak menutup kemungkinan lambat laun sampah itu akan semakin menumpuk dan merusak nilai estetika lingkungan. “Kita harus melakukan aksi nyata untuk memulai revolusi mental demi merubah pola pikir masyarakat untuk lebih berkawan dengan sampah,” ujarnya.
Dijelaskannya, kegiatan basar ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman, kepedulian, dan peran serta seluruh elemen masyarakat dan dunia pendidikan terhadap masalah sampah.
Selain itu, ini dimaksudkan juga untuk dapat memacu pertumbuhan-pertumbuhan usaha kecil menengah berbasis sampah.
Menurutnya, kegiatan ini akan dijadikan even tahunan. Bahkan, untuk tahun depan, akan dibuat lebih menggema dengan melibatkan peserta dari seluruh kabupaten yang ada di Provinsi NTB. Tidak hanya itu, kemitraan akan mulai dibangun dengan semua industry kreatif sampah tingkat nasional. Hal itu tentu untuk memicu kembali semangat para insan kreatif Kabupaten Sumbawa, untuk menghasilkan produk produk unggulan yang lebih inovatif dan variatif lagi. “Kami juga berharap produk kreatif sampah ini dapat menjadi produk unggulan khas Kabupaten Sumbawa, yang bisa digunakan sebagai cinderamata apabila wisatawan datang berkunjung ke tanah Intan Bulaeng ini,” tegasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply