PT Newmont Nusa Tenggara

FPAN DPRD KSB Usul Pemda KSB Bentuk Desa Siaga Bencana

Taliwang, Gaung NTB
Bencana banjir yang melanda Desa Tongo Kecamatan Sekongkang, beberapa hari yang lalu, adalah yang pertama kalinya dan baru terjadi di akhir tahun 2016.
Menurut Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Muhammad Hatta, banjir yang terjadi tersebut cukup mencengangkan. “Sebelumnya, banjir tak pernah terjadi di sana (Desa Tongo). Jika itu terjadi, bisa diprediksikan karena air dari pegunungan. Tapi yang perlu dipertanyakan, limpahan air hingga berbuntut terjadinya banjir pasti ada sebabnya,” ujarnya.
Kalau kata dia, banjir tersebut dikarenakan faktor alam yang terkait erat dengan kondisi hutan, tentu menjadi suatu keheranan. Sebab sejauh ini pihaknya, tidak mendengar adanya aktifitas penangkapan atas aksi pembalakan liar. Sementara dampaknya terasa langsung dengan adanya banjir di daerah yang justru tidak pernah mengalami hal itu.
Karena itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, meminta pemda melakukan evaluasi terhadap kondisi hutan di KSB. Ia menegaskan, agar pelestarian hutan kembali maksimal sistem reboisasi terhadap hutan, supaya seluruh ekosistemnya tetap terjaga.
Karena Desa Tongo ini, keberadaannya termasuk di bagian lingkar tambang, Ia meminta agar pihak PT AMNT, untuk turut ambil bagian mencari solusi yang tepat, atas penangan waspada dan antisipasi banjir lanjutan seperti di Desa Poto Tano. Bila memungkinkan melalui program CSR nya, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap wilayah lingkar tambang.
Kemudian menyikapi bencana banjir yang terjadi setiap tahunnya di KSB, Hatta menegaskan, agar pemda membentuk sebuah tim tanggap bencana dalam bentuk Desa Siaga Bencana. Mengingat di KSB ini kerap dilanda bencana alam seperti banjir, tanah longsor serta puting beliung. “Kalau Desa Siaga Bencana ini, sudah dibentuk setidaknya akan ada langkah cepat/tanggap darurat, yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi, agar tidak menimbulkan dampak yang sangat luas,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply