PT Newmont Nusa Tenggara

Camat Moyo Utara : Warga Moyo Utara Diharap Pandai Tangkap Peluang

Moyo Utara, Gaung NTB
Desa Penyaring, adalah salah satu desa yang merupakan gerbang masuk wilayah Kecamatan Moyo Utara. Eksistensinya sangat strategis, ketika para wisatawan hendak mengunjungi obyek wisata di daerah itu. Selain sebagai pintu masuk, Desa Penyaring, juga memiliki sejumlah keunggulan di banding desa lainnya seperti keindahan pantai Ai Loang, yang dikelola oleh PT Ladang Artha Buana, yang memiliki hotel berbintang sebagi lokasi menginap tamu penting dari luar daerah. Kemudian ada arena pacuan kuda Angin Laut. Desa tersebut juga menjadi basis industry permen susu sapi, kerbau dan susu kuda liar.
Melihat sejumlah potensi itu camat Moyo Utara, Tajuddin, SH, mengharapkan kepada masyarakat untuk pandai-pandai menangkap peluang terutama yang berkaitan dengan perdagangan.
Bahkan dirinya sambil menyitir sejarah Islam, bahwa Rasulullah memiliki Sunnah berdagang dan menggembala. Bagi masyarakat Desa Penyaring, dua hal itu sangat memungkinkan untuk dijalankan. Persoalannya mau atau tidak untuk meningkatkan kualitas SDM. Karenanya dibutuhkan usaha keras dari warga masyarakat.
Tajuddin mencontohkan di Kecamatan Rhee, warganya memiliki lapak tempat jualan jagung sepanjang dua kilometer. Selain itu, dirinya memberikan pencerahan dengan mengambil ibrah dari jualan di sepanjang pinggir jalan dalam Kota Sumbawa di bulan Ramadlan.
Pedagang dadakan itu sejatinya telah melalukan susuatu yang mampu menggerakkan ekonomi. Hal itu kata dia, sejatinya bisa dijadikan inspirasi bagi warga Penyaring mengingat intensitas kunjungan wisata domestic, maupun luar daerah cukup bagus. Sayang sekali kalau peluang itu tidak dapat ditangkap. “Sejatinya bukan hanya warga Penyaring saja, yang harus mampu menangkap peluang, semua desa yang ada di wilayah Moyo Utara. Sebab secara umum telah masuk ke dalam kategori desa wisata,” ujarnya.
Camat mengimbau, jangan hanya jualan di rumah-rumah, yang sangat perlu buka lapak di sepanjang jalan kampong, sehingga para wisata dengan mudah mengakses industri kerajinan yang menjadi andalan masyarakat. Di samping dibarengi dengan barang-barang yang lain sebagai souvenir. “Tentunya sifat dari usaha itu kontinyu,” paparnya.
Tajuddin menambahkan, selain menangkap peluang usaha, masyarakat juga diharap mampu menciptakan iklim kebersihan yang prima. Sebab kebersihan adalah menjadi salah satu tolok ukur dalam menentukan indicator desa itu maju dan unggul.
Menyikapi apa yang dihajatkan Camat Moyo Utara itu, Kades Penyaring, Masharuddin, menyambut Positif apa yang menjadi harapan pemerintah kecamatan, dan akan berupaya maksimal untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. “Yang sudah ada akan ditingkatkan, dan yang belum akan diberdayakan semaksimal mungkin,” tandasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply