PT Newmont Nusa Tenggara

BNN KSB Gelar Praktek Memasak Bagi Mantan Pecandu Narkoba

Taliwang, Gaung NTB
Merupakan lanjutan dari program/kegiatan “Pengembangan Kapasitas (Life Skill) Bagi Pecandu Narkoba”. Yang secara teori oleh Narasumber dari Pokja III – Tim Penggerak PKK KSB diberikan pada Kamis (15/12) selanjutnya pada Jum’at (16/12) bertempat di Lesehan Tana Mira – Taliwang, di lakukan Praktek Memasak menu makanan khas daerah Sumbawa dan menu makanan nasional.
Menurut Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Barat, Sri Sastra Dewi SPd menyebutkan, dua menu masakan tersebut antara lain praktek masakan khas Sumbawa berupa Ayam Siong Sira’ dan makanan nasional Semur Daging.
Dua jenis resep makanan khas daerah dan nasional tersebut di berikan guna melatih pengembangan kapasitas (Life Skill) terhadap para Mantan Pecandu Narkoba, kurang lebih ada sekitar sepuluh orang yang telah dilatih.
Pelatihan tersebut penting diberikan kepada mereka dimaksudkan untuk mengasah keterampilan dan keahlian para Mantan Pecandu Narkoba. “Sebagaimana kita ketahui bersama tidak selama nya mereka akan hidup terus di bayang-bayangin oleh narkoba, manakala mereka sadar dan kembali ke tengah masyarakat setidaknya mereka sudah memiliki keahlian untuk di manfaatkan bagi kelangsungan hidupnya, apakah dengan berwira usaha mendirikan warung makan dan sebagainya,” jelas Sri akrab Ia disapa.
Melalui Pengembangan kapasitas (Life Skill) bagi Mantan Pecandu Narkoba, mereka telah di latih khususnya keahlian memasak, dari teori hingga praktek. “Tidak ada yang tidak mungkin jika mereka (Mantan Pecandu Narkoba, red) mau berubah dan hidup lebih baik namun dengan melakukan hal hal yang positif,” tukas Sri.
Sementara itu tampak dua Narasumber Sekretaris TP PKK, Sri Sastra Dewi dan Anggot Pokja III (TP PKK KSB), Syamsidah sekaligus pelatih kian serius membina dan melatih puluhan peserta dengan mengarahkan cara mengolah masakan berbahan dasar Ayam dan Daging Sapi.
Di bagian lain Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) KSB, AKBP Jolmadi SPd, mengakui jika mereka yang dilatih mengikuti kegiatan pengembangan Kapasitas Life Skill ini dengan tujuan untuk melatih, mengembangkan keahlian yang mereka miliki. Terlebih lagi puluhan Mantan Pecandu Narkoba tersebut adalah mereka yang baru selesai menjalani Rehabilitasi Rawat Jalan.
Setelah sebelumnya mereka di ketahui terlibat dalam tindak penyalahgunaan obat obatan terlarang. Harapan BNNK, lanjut Jolmadi SPd akrab perwira ini disapa, kedepan mereka bisa menjalani hidup yang lebih baik, berguna bagi masyarakat, agama, bangsa bahkan bagi keluarga tercinta yang mereka cintai.
Selain itu dari upaya pengembangan kapasitas (Life Skill) yang telah di lakukan, para mantan pecandu narkoba yang ada di wilayah KSB, kedepan bisa hidup lebih baik lagi, serta dari keahlian yang dimiliki tersebut bermanfaat bagi diri mereka sendiri dalam bentuk mampu menciptakan lapangan kerja sendiri melalui usaha dagang, membuat rumah makan kecil-kecilan atau membuka warung makan. “Saya kira itu bisa mengubah kehidupan mereka kelak,” imbuhnya. Dan Ia pun menekankan mereka tidak lagi terjerumus dalam tindak penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, tegas Jolmadi Jum’at lalu.
Tampak puluhan peserta merupakan para mantan pecandu narkoba sangat antusias mengikuti praktek memasak masakan khas daerah dan masakan nasional, bahkan sejumlah petugas dari BNNK Sumbawa Barat pun turut serta memantau jalannya praktek memasak para peserta, sehingga tak sedikit dari petugas BNN pun memberikan pujian atas hasil karya masakan yangdi racik sendiri oleh peserta di bawah pengawasan dan arahan langsung dari narasumber TP PKK KSB.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply