PT Newmont Nusa Tenggara

KPHP Ampang Dukung Pengembangan Silvopasture Hutan Produksi Gili Rakit

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kesatuan Pengolaan Hutan Produksi (KPHP) Ampang sangat mendukung rencana pengembangan pariwisata Gili Rakit Kecamatan Tarano dalam bentuk Silvopasture atau pemanfaatan lahan dengan mengkombinasikan tanaman hutan dan peternakan.
Kepala KPHP Ampang, Maman Firmansyah SHut kepada Gaung NTB Selasa (13/12) menyampaikan bahwa potensi Gili Rakit merupakan tempat berkumpulnya ternak atau LAR yang sudah menjadi turun temurun, baik ternak yang berasal dari Kecamatan Empang maupun Tarano.
Selain itu kata Firmansyah, even menyeberangkan kerbau antar pulau merupakan icon pariwisata Kabupaten Sumbawa yang sangat penting untuk dilestarikan.
Disampaikan Firmansyah, bahwa pada tahun 2017 ini KPHP Ampang akan melakukan Desain Tapak Eko wisatanya, dengan harapan dapat dipadukan dengan rencana Pemerintah Daerah untuk mencanangkan pengembangan penggembalaan.
“Kita juga akan menyesuaikan dengan Rencana Pengelolaan jangka panjang KPHP Ampang prioritaskan perpaduan kehutanan dan kehewanan,” ujarnya.
Disamping itu Firmansyah, juga menyampaikan bahwa untuk program tahun depan mereka mengadakan rehab lahan akibat perambahan, dengan melakukan pencanangan pengembangan Agroforestry, yang memakai pola kerjasama Tripartid artinya pemerintah, pengusaha dan masyarakat, tentu kegiatan menanam pohon Sengon.
Perlu diketahui katanya, melalui kerja sama itu pihaknya akan melakukan penanaman Sengoon sekitar seribu hektar, disamping itu juga masih menunggu pola kerjasama dari Gubernur NTB.
Selain itu sambungnya, pemerintah juga sedang melakukan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan penanaman Kayu Putih. “Dalam tahun ini sekitar 275 hektar dan tahun depan ada penambahan 275 hektar lagi,” demikian Firmansyah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply