PT Newmont Nusa Tenggara

Gubernur NTB Resmi Tetapkan UMK Sumbawa Tahun 2017

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Gubernur NTB, H M Zainul Majdi, resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sumbawa, untuk tahun 2017. Berdasarkan SK Gubernur NTB, No. 561-964 Tahun 2016, tertanggal 18 November 2016, tahun depan UMK Sumbawa, ditetapkan sebesar Rp 1.693.030/bulan.
Penetapan ini mengalami kenaikan 8,2%, bila dibanding UMK tahun 2016. Tahun ini UMK Sumbawa ditetapkan sebesar Rp 1.564.000. “Alhamdulillah UMK Sumbawa tahun 2017 sudah ditetapkan Gubernur NTB. UMK ini mulai berlaku 1 Januari 2017,” ungkap Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, Khaeril Anwar, SSos.
Sebelum diusulkan ke gubernur terang Khaeril Anwar, Dewan Pengupahan yang diketuai oleh Asisten Bidang Pemerintahan, DR H Muhammad Ikhsan, melakukan rapat. Dalam rapat tersebut, diusulkanlah besaran UMK, yang akhirnya ditetapkan oleh gubernur.
Usulan itu sendiri berdasarkan inflasi, pertumbuhan ekonomi, daya beli masyarakat termasuk juga kemampuan perusahaan.
Setelah diresmikan ujarnya, selanjutnya Disnakertrans akan menyebarkan penetapan UMK ini ke seluruh perusahaan. Ini dimaksudkan supaya perusahaan segera menyesuaikan UMK yang baru, berdasarkan SK Gubernur NTB.
Ditanya tentang penerapan UMK tahun 2016 oleh perusahaan, ia menegaskan semua perusahaan sudah melaksanakannya, meski sistem pengupahannya berbeda-beda. “Tapi tetap memenuhi unsur perlindungan upah,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply