PT Newmont Nusa Tenggara

Arpusda Sumbawa Siap Bantu Kebutuhan Buku Sekolah Untuk Program Literasi

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa, H Syahril, MPd, mengungkapkan pihaknya siap membantu kebutuhan buku yang diperlukan sekolah demi menyukseskan program Literasi.
Seperti diketahui, tahun 2017 mendatang, dunia pendidikan di Sumbawa, bakal memiliki dua Perbup baru. Salah satunya tentang program Literasi, dimana 15 menit sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung, guru dan siswa diwajibkan untuk membaca. Sementara perbup lainya, menyangkut Muatan Lokal (Mulok). “Kapan saja dibutuhkan kami siap,” kata H Syahril.
Untuk sementara waktu kata mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Naisonal (Diknas) ini, dukungan yang diberikan pihaknya mungkin belum begitu maksimal. Ini dikarenakan koleksi buku yang ada cukup terbatas. Sementara jumlah sekolah yang ada sangat banyak. Selain itu, Arpusda juga tetap melayani masyarakat umum. “Mungkin untuk sementara kami hanya mampu mensuport lewat Perpustakaan Keliling (Puskel) dulu. Itu pun cukup terbatas, sebab kita cuman punya 2 Puskel. Tapi, itu semua tergantung kondisi di lapangan. Yang pasti kami siap mendukung sekolah dalam program Literasi ini,” kata H Syahril.
Menurutnya, dengan adanya program ini dari sisi minat baca otomatis terdongkrak. Jumlah anggota baca pun juga meningkat.
Karena itu, agar kebutuhan buku dapat terlayani dengan baik, ia menyarankan agar guru/murid di sekolah masing-masing dapat didaftarkan menjadi anggota perpustakaan.
Dengan menjadi anggota perpustakaan maka kebutuhan akan buku bacaan dapat terlayani setiap saat. Apalagi sambungnya, tahun 2018 nanti, buku bacaan sudah tidak dalam bentuk fisik lagi. Tapi sudah berbentuk Digital. “Digital ini sangat membantu sekolah untuk mengembangkan program Literasi,” tandasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply