PT Newmont Nusa Tenggara

Tahun 2017, Dunia Pendidikan Miliki 2 Perbup Baru

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Mulai tahun 2017 mendatang, dunia pendidikan di Kabupaten Sumbawa, bakal memiliki Peraturan Bupati (Perbup) yang baru. Rencananya ada dua Perbup yang ditelurkan. Pertama tentang program Literasi, dan kedua tentang Muatan Lokal (Mulok).
Untuk program Literasi seperti disampaikan Kabid Dikdas dan TK Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sahabuddin, SSos, di dalam Perbup nanti mewajibkan guru dan siswa, membaca baik buku fiksi maupun buku tafsir, 15 menit sebelum proses Kegiatan belajar Mengajar (KBM) dimulai.
Untuk mendukungnya, setiap sudut kelas harus memiliki perpustakaan mini. “Perpustakaan mini ini bisa dibuat sekolah dengan dana BOS,” ujarnya.
Lalu bagaimana dengan Perbup Mulok ? Dalam Perbup ini, ada satu hari dimana guru diwajibkan mengajar dengan menggunakan Bahasa Samawa.
Selain sebagai upaya pelestarian budaya, ini salah satu bentuk keprihatinan. Pasalnya, tak sedikit pelajar di Bumi Sabalong Samalewa ini, yang tidak mampu menggunakan Bahasa Samawa. Padahal ini merupakan warisan lelulurnya.
Sebelum disahkan, kedua Perbup ini menurutnya, akan diseminarkan terlebih dahulu dengan melibatkan para akademisi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply