PT Newmont Nusa Tenggara

Masyarakat Labangka Harapkan Pemda Bersikap Tegas Soal Kawasan Hutan

Labangka, Gaung NTB
Dalam 3 tahun terakhir sangat miris ketika melihat kawasan hutan yang ada di Kecamatan Plampang dan Labangka, baik itu kawasan hutan produksi maupun hutan Lindung, semuanya sudah kritis dan rusak. Kerusakan hutan ini bukan saja akibat dari kegiatan ilegal loging, ataupun ilegal mining tapi yang paling parah adalah akibar dari perladangan liar yang masif dan terstruktur.
Seperti pada kasus pengrusakan hutan eks HTI yang ada di Kecamatan Plampang dan Labangka, pada awalnya dilakukan pembalakan liar, kemudian merembet kepada penguasaan lahan yang dilakukan masyarakat setempat dan sejauh itu dinilai tidak tegas dari aparatur negara untuk menghentikan perladangan liar.
Sudurman Tokoh Masyarakat Labangka kepada Gaung NTB, Minggu (27/11) menyampaikan bahwa perladangan liar berpotensi timbulkan konflik masyarakat, karena ketika masyarakat tidak dilarang atau ditata oleh pemerintah, maka semuanya akan menjadi rusak baik tatanan hukum maupun kehidupan sosial masyarakat.
“Saya berharap pemerintah tegas dalam hal ini, kalau pun hutan kawasan tersebut mau diberikan kepada masyarakat, ya silahkan diatur bagaimana baiknya,” pintanya.
Tetapi apabila kawasan itu tidak akan dibebaskan menjadi lahan pertanian masyarakat, maka selayaknya pemerintah segera keluarkan maklumat laranagn atau segera tegakan aturan.
Sementara itu Kapolsek Kecamatan Labangka Iptu I Ketut Suryana kepada Gaung NTB, menyatakan bahwa seluruh steckholder yang ada di Kecamatan Labangka sudah bersepakat untuk tidak lagi masuk dalam kawasan hutan. Kawasan yang dimaksud jelas Suryana, adalah seluruh kawasan baik hutan produksi maupun hutan lindung.
“Masyarakat berserta pemerintah kecamatan sudah membuat pernyataan untuk tidak melakukan perladangan, bukan saja pada lokasi kawasan yang menjadi sengketa beberapa waktu lalu tetapi semua kawasan yang ada, dan tentu kalau ada yang masuk pasti ada penindakan hukum” demikian Suryana.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply