Tim SAR Temukan Jenazah Pemancing

0
876
loading...
loading...

Praya, Gaung NTB
Tim Search and Rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan Nusrin, seorang pemancing yang tenggelam di perairan pantai Aik Belik Serangan, Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin, pukul 16.45 Wita.
Tim SAR gabungan terdiri, atas Tim Rescue Basarnas Kantor SAR Mataram, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lombok Tengah, Polres Lombok Tengah, Satuan Polisi Pamong Praja Lombok Tengah, anggota Polsek Praya Barat, dan masyarakat nelayan.
Kepala Kantor SAR Mataram melalui Pejabat Pelaksana Harian Fatur Rahman, mengatakan jenazah pemancing berusia 40 tahun tersebut pertama kali dilihat mengapung di perairan Selong Belanak sekitar 0,5 “nautical mile” ke arah timur dari lokasi kejadian oleh nelayan yang kebetulan melintas di perairan tersebut.
Menerima informasi tersebut Tim SAR langsung menuju lokasi penemuan dan mengevakuasi korban. “Proses evakuasi memakan waktu sekitar 30 menit. Selanjutnya jenazah korban dibawa ke rumah duka dan diterima pihak keluarga,” katanya.
Nusrin, warga Gelondong Pray, Lombok Tengah ini dilaporkan tenggelam pada Minggu (30/10), sekitar pukul 16.30 WITA. Peristiwa tersebut dilaporkan ke Kantor SAR Mataram oleh Toni, petugas Satpol PP Kabupaten Lombok Tengah.
Menindaklanjuti laporan tersebut satu tim penyelamat dari Kantor SAR Mataram menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. Pencarian sempat dilakukan pada hari korban tenggelam, amun tidak maksimal karena sudah malam. Pencarian dilanjutkan kembali pada hari kedua dengan menyisir perairan laut menggunakan Rubber Boat. Area pencarian dilakukan hingga radius 4 “nautical mile”.
Menurut keterangan Husmin (30), saksi sekaligus rekan korban, mereka sedang memancing di sekitar perairan pantai tersebut, tiba-tiba ada ombak besar yang menerjang. Husmin berhasil menyelamatkan diri tetapi tidak melihat keberadaan Nusrin.
Husmin kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk mencari keberadaan rekannya yang tenggelam digulung ombak, namun tidak berhasil.
Dengan telah ditemukannya korban, Kepala Urusan Umum Kantor SAR Mataram Fatur Rahman selaku Pelaksana Harian Kakansar secara resmi menutup operasi pencarian. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

loading...

LEAVE A REPLY