Pembahasan R-APBD Kabupaten Sumbawa 2017 Rampung, Segera Ditetapkan

0
615
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2017, pada tingkat Komisi-Komisi Dewan telah rampung pada Jum’at (24/11), selanjutnya pada hari Sabtu mendatang akan masuk pada tahapan selanjutnya yakni singkronisasi terhadap hasil pembahasan di tingkat komisi bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) untuk memfinalisasi hasil rasionalisasi di tingkat komisi, sehingga pada Senin (27/11) R-APBD tahun anggaran 2017 dapat ditetapkan melalui Sidang Paripurna terakhir DPRD Kabupaten Sumbawa.
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP, belum lama ini kepada Gaung NTB menyampaikan bahwa, DPRD Sumbawa bersama eksekutif optimis Penetapan APBD tahun 2017 akan tepat waktu, mengingat seluruh tahapan pembahasan APBD 2017 berlangsung lancar sesuai dengan jadwal waktu, tinggal tahapan terakhir yakni Sidang Paripurna pada Senin mendatang.
Menyinggung kendala yang dihadapi selama proses pembahasan, menurut Lalu Budi, para prinsipnya tidak ada kendala yang berarti selama proses pembahasan APBD tersebut, karena seluruh Komisi DPRD Sumbawa telah merampungkan tugasnya untuk membahas program bersama SKPD mitra masing-masing.
“Insya Allah, ketuk palu penetapan APBD tahun 2017 akan dilaksanakan pada Senin mendatang,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri AR, SAg, MSi, yang dimintai tanggapannya terkait dengan proses pembahasan APBD 2017, menyampaikan bahwa proses pembahasan APBD terutama di tingkat Komisi-Komisi khususnya Komisi I DPRD Sumbawa cukup alot, penuh dinamika.
Pembahahasan bersama dengan 8 Mitra Komisi I, tidak hanya berlangsung pada siang hari, bahkan tidak jarang hingga larut malam.
“Ini adalah wujud tanggungjawab konstitusional kami sebagai wakil rakyat yang telah diberikan amanah sesuai dengan tugas dan fungsi anggaran anggota DPRD,” ujarnya.
Fikri menyampaikan bahwa proses pembahasan sempat terkendala karena masalah teknis yakni listrik kerap hidup mati, padahal sebelumnya pihak Sekretariat DPRD Sumbawa telah menginformasikan kepada PLN Sumbawa agar tidak memadamkan listrik di jalur Kantor DPRD Sumbawa karena ada pembahasan.
Namun demikian sambung Fikri, kendala tersebut tidak menjadi hambatan dalam proses pembahasan, karena semangat anggota Komisi I DPRD Sumbawa untuk melaksanakan tugas konstitusional ini sangat luar biasa.
“Kami apresiasi kepada SKPD mitra Komisi I dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang selalu setia mendampingi kami selama proses pembahasan berlangsung dan syukur Allhamdulillah pembahasan sudah rampung,” demikian Syamsul Fikri.

loading...

LEAVE A REPLY