Kepala BNN NTB Ingatkan Tentang Bahaya Tramadol

0
1349
loading...
loading...

Taliwang, Gaung NTB
Kepala Badan Narkotikan Nasional (BNN) Provinsi NTB, Kombes Pol Sriyanto, MSi, meminta orang tua siswa untuk selalu meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak-anaknya. Termasuk ketika diberikan makanan atau pun minuman, untuk selalu berhati-hati.
Hal ini disampaikannya terkait maraknya peredaran obat jenis Tramadol di kalangan pelajar.
Berdasarkan hasil temuan pihaknya kata Sriyanto, ternyata penggunaan Tramadol di kalangan anak anak ABG khususnya, lebih dikarenakan faktor dibohongi oleh sesama rekan sepergaulannya. “Salah satu contoh kasus yang menimpa puluhan pelajar SMP di wilayah NTB. Ternyata itu faktor dibohongi,” ujarnya.
Dijelaskannya, untuk Tramadol sesama ikatan apoteker sudah ada komitmen untuk tidak dijual bebas. Kalaupun ada oknum yang terjaring mengkonsumsinya, menurut Kombes Pol Sriyanto, itu lebih disebabkan oleh peredaran secara gelap.
Untuk diketahui, Tramadol bukan termasuk obat golongan narkotik. Namun memiliki efek mirip dengan narkotik (sintetik opiat) yaitu ketergantungan dan efek adiksi (penambahan jumlah dosis). Kegunaan dari ramadol adalah untuk pereda nyeri sedang sampai berat misal luka operasi, patah tulang, dan sebagainya. Tramadol dapat menimbulkan perasaan tenang, halusinasi dan melayang sehingga sering disalah gunakan.
Jika Tramadol dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkani dampak yang di antaranya dapat merusak gangguan pada ginjal dan merusak susunan saraf pusat. Terhadap indikasi penyalahgunaan obat jenis Tramadol, menurut Kombes.Pol Sriyanto, ketentunya di atur dalam UU Kesehatan No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. “Untuk tahapan penanganannya lebih kepada pihak kepolisian dan pemerintah melalui institusi Kesehatan,” tegasnya.

loading...

LEAVE A REPLY