Dewan Pengupahan Tetapkan Kenaikan Upah Sebesar 8 Persen

0
284

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dewan pengupahan Kabupaten Sumbawa telah menetapkan kenaikan upah pekerja sebesar 8 persen atau Rp 1.690.000,-. Hal itu ditetapkan berdasarkan putusan sidang dewan pengupahan, dimana sidang tersebut melibatkan berbagai unsur, baik itu unsur dari Pemerintahan, Serikat Buruh dan Unsur Pengusaha.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ir Syafruddin Nur, ketika ditemui Gaung NTB, Senin (14/11) diruang kerjanya mengatakan bahwa terkait dengan usulan tentang UMK yang terbaru, dewan pengupahan telah melakukan sidang sebanyak 2 kali berdasarkan pedoman yang berlaku serta kabupaten lain sebagai pedoman penetapan umk. Dimana didalam sidang tersebut talah menetapkan dan memutuskan bahwa kenaikan upah sebesar 1.690.000 atau ada kenaikan 8 persen dari tahun sebelumnya.
Dikatakan Ir Syafruddin, bahwa upah merupakan salah satu aspek yang paling sensitif didalam hubungan kerja. Berbagai pihak yang terkait melihat upah dari sisi lain masing-masing berbeda, dimana pekerja atau buru melihat upah sebagai sumber penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya. “Secara psikologis upah juga dapat menciptakan kepuasan bagi pekerja, sementara sisi lain pengusaha melihat upah sebagai salah satu biaya produksi,” jelasnya.
Hal itu, mengharuskan peran pemerintah melalui dewan pengupahan kabupaten untuk menciptakan keselarasan antara kebutuhan hidup minimum pekerja dengan upah yang harus diterima oleh pekerja dalam bentuk ketetapan upah minimum, yang merupakan jaring pengamanan bagi sistem pengupahan nasional dan daerah serta tetap memberikan peluang kepada perusahaan untuk menetapkan standar upah yang nilainya harus lebih tinggi dari kebutuhan upah minimum yang telah ditetapkan. “Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 Pasal 46 Ayat 2 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota yang harus lebih besar dari upah minimum provinsi yang bersangkutan”, papar Ir Syafruddin.
Maka untuk itu Dewan Pengupahan telah menetapkan kenaikan UMK Tahun 2017 sebesar 8 persen. Terkait dengan putusan yang telah ditentukan oleh dewan pengupahan, hal itu akan disampaikan kepada Bupati Sumbawa. “Setelah ada rekomendasi dari bupati, akan langsung disampaikan kepada gubernur untuk ditetapkan”, pungkas Ir Syafruddin.

LEAVE A REPLY