PT Newmont Nusa Tenggara

KPU Sumbawa Gelar Diskusi Kepemiluan bersama Anggota Paskibraka Sumbawa

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa terus gencar melaksanakan sosialiasi pendidikan politik dan demokrasi kepada seluruh kalangan masyarakat, sosialisasi tersebut merupakan upaya KPU Sumbawa untuk mencerdaskan masyarakat dalam proses berdemokrasi.
Pada kegiatan pendidikan politik dan demokrasi yang berlangsung Rabu (16/11), KPU Sumbawa mengundang anggota Paskipbraka dan Purna Paskibraka Kabupaten Sumbawa untuk mengikuti kegiatan diskui kepemiluan yang berlangsung di Rumah Pintar KPU Sumbawa.
Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat, SAg, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Sumbawa, tiada hentinya menggelar kegiatan yang berbau kepemiluan, seperti yang berlangsung hari ini (Rabu kemarin) KPU Sumbawa mengundang anggota Paskibraka dan Purna Paskibraka dalam Diskusi Kepemiluan.
Mengapa Paskibraka, dijelaskan Syukri, bahwa dengan diundangnya anggota Paskibraka, karena mereka dipandang sebagai bagian dari pemilih muda yang diharapkan kedepan bisa menggunakan hak pilihnya dengan cerdas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Pemilih cerdas itu jelasnya, indikatornya adalah mereka bisa menggunakan hak pilihnya atas dasar pilihan-pilihan rasional dengan melihat rekam jejak seluruh calon baik legeslatif maupun eksekutif. Selain itu sambungnya, juga dengan mencermati visi dan misi serta program para calon.
Kemudian yang tidak kalah penting dalam diskusikan jelas Syukri, adalah bagaimana meretas issue atau dugaan adanya praktik money politik, dan selanjutnya harus disadari bahwa perbedaan pandangan maupun pilihan mesti disikapi secara arif dan bijaksana. Kemudian ikhlas menerima apapun hasil dari sebuah proses kontestasi politik.
Harapannya kata Komisioner cerdas itu, tentu bahwa proses berdmokrasi yang terformulasi dalam bentuk Pemilu maupun Pilkada harus berjalan dengan jurdil aman dan damai.
“Kami sampaikan terima kasih kepada Ketua Purna Paskibraka Sumbawa, pak Salahuddin atas respon positifnya dalam kegiatan diskusi kepemiluann ini, mari terus berikhtiar untuk melahirkan pemilih-pemilih cerdas,” ucapnya.
Sementara itu Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Sumbawa, Salahuddin, MA, SH, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa anggota Paskibraka harus mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dalam diskusi kepemiluan ini.
“Kesempatan seperti ini adalah kesempatan yang sangat langka, karena kegiatan seperti ini merupakan pertama kali terjadi di Indonesia, dimana KPU mengundang anggota Paskibraka untuk mengikuti kegiatan diskusi kepemiluan,” ujarnya.
Dijelaskan Kak Bho—sapaan akrab Ketua Purna Paskibrakan Sumbawa, bahwa peserta sosialisasi KPU kali ini adalah orang-orang terpilih, karena untuk menjadi anggota Paskibraka sangat ketat melibatkan TNI dan Polri, sehingga tidak salah KPU Sumbawa mengajak Paskibraka untuk berdiskusi tentang kepemiluan.
Karena pada saatnya nanti kata Kak Bho, anggota Paskibraka ini akan menjadi pemilih pemula, tentu dengan pengetahuan yang cukup tentang kepemiluan ini akan mampu menjadi pemilih yang cerdas.
Dalam kesempatan itu, Kak Bho, juga menyampaikan bahwa pengetahuan yang diperoleh dari KPU Sumbawa, selain untuk diri sendiri juga untuk disebarkan kepada orang lain, dan yang paling penting nantinya kata Kak Bho adalah pada saat praktek pemiliah Ketua OSIS.
“Saya berharap pada saat pemilihan Ketua OSIS di masing-masing sekolah nanti, agar berkonsultasi kepada KPU untuk diajarkan cara berdemokrasi yang sebenarnya,” harapnya.
Seperti biasa, sebelum digelar diskusi diawali dengan penjelasan singkat dari anggota KPU Sumbawa yakni Dr Hj. Yuyun Nurul Azmi, Aryati SPd.I, dan Nurkholis, SP.d, dengan materi yang disampaikan sesuai dengan divisi masing-masing.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply