PT Newmont Nusa Tenggara

2 Guru SMA/SMK di Kabupaten Sumbawa Terpilih jadi Finalis Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) 2016

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Prestasi pelajar dari Kabupaten Sumbawa, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional sepertinya sudah tidak terhitung lagi. Seolah tak ingin kalah pamor dengan anak didiknya, guru-guru pun mulai unjuk gigi.
Apa yang ditunjukkan oleh Ainun Asmawati, SPd, MPd dan Nasrullah Darwis, SPd, MPd, dapat dijadikan bukti kongkrit. Nama yang disebut pertama adalah guru Biologi di SMA Negeri 1 Sumbawa. Sementara nama terakhir, sehari-harinya berprofesi sebagai guru BK di SMK Negeri 3 Sumbawa.
Keduanya ditetapkan sebagai finalis lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) guru SMA/SMK tahun 2016. Penunjukkan keduanya berdasarkan surat keputusan dewan juri Direktorat Pendidikan Guru Pendidikan Menengah No. 02/Kpts/INOBEL/2016 tanggal 27 Oktober 2016.
Untuk diketahui, lomba Inobel ini adalah kegiatan bagi guru SMA dan SMK untuk berkompetisi pada tingkat nasional, dalam penyusunan karya inovatif yang diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran, sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.
Sebelumnya, kedua finalis tersebut melewati tahapan seleksi diantaranya seleksi proposal penelitian, pada pertengahan Juli 2016 dan mampu bersaing dengan 450 proposal penelitian dari seluruh Indonesia. Keduanya berkesempatan mengikuti Bimtek Penyusunan Laporan Penelitian Ilmiah, akhir Juli 2016 di Bogor Jawa Barat.
Dari NTB, hanya Ainun dan Nasrullah yang berhasil menjadi finalis, dalam lomba yang di pusatkan di Cisarua Bogor, tanggal 6—9 November 2016. Ainun mewakili jenjang SMA. Sedangkan nasrullah mewakili tingkat SMK.
Istimewanya, kedua guru ini adalah pasangan suami istri dan memiliki hobby yang sama, yakni meneliti dalam bidang pendidikan yang tidak dapat diragukan lagi. Keduanya juga aktif sebagai inisiator terbitnya Jurnal Ilmiah Guru “Jurnal Pendidikan Samawa”, dengan kapasitas sebagai reviewer dan dewan redaksi.
Ainun Asmawati dinobatkan sebagai sebagai pembicara utama pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Lantai 3 Kantor Bupati, tanggal 19 November mendatang.
Judul karya untuk Ainun Asmawati adalah Pengembangan Media Kacamata Kardus Virtual Reality 3D pada Pembelajaran Mikrobiologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Diilhami oleh sulitnya siswa memahami pembelajaran Biologi karena terkesan abstrak, sehingga dengan media kacamata 3D membantu siswa dapat melihat materi dengan lebih rinci. Pembelajaran dengan media sangat menarik berdasarkan hasil desiminasi pada MGMP Biologi baru-baru ini.
Sementara, Nasrullah Darwis dengan Karya Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling berbasis Content Managament System (CMS), untuk meningkatkan fungsi Layanan BK. Penelitian didasari akan belum optimalnya fungsi layanan BK, karena keterbatasan akses siswa ke ruang BK. Dengan Media Web siswa dapat mengakses informasi selama 24 jam, pada web dan dapat memilih guru BK untuk berkonsultasi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply