PT Newmont Nusa Tenggara

KAKAK BERADIK Pencuri Motor DIVONIS 10 BULAN

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dua orang pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang berstatus anak-anak masing-masing berinitial SP (14) dan Jnd (16)–kakak beradik– beralamat di Kecamatan Alas Sumbawa, pada persidangan kemarin dijatuhi vonis pidana masing-masing selama 10 bulan penjara.
Putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Faqihna Fiddin SH itu lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Sumbawa Besar Baiq Ira Maya SH. Keduanya dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencuiran sebagaimana diatur dalam pasal 363 ayat (1) ke 3 dan 4 KUHP jo UU No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Pidana anak.
Dalam amar putusan pidananya yang dihadiri Penasehat Hukum kedua terdakwa, Syamsuddin SH, maupun petugas Badan Pemasyarakatan (Bapas) Sumbawa, hakim Faqihna Fiddin SH sangat sependapat dengan dakwaan Jaksa tentang perbuatan pidana yang dilakukan oleh keduanya sesuai dengan fakta yang terungkap dipersidangan dari keterangan sejumlah saksi terkait, keterangan terdakwa dan sejumlah barang bukti yang diajukan. Pebncurian itu dilakukan pada bulan September 2016 lalu di TKP kediaman korban yang berada di Kecamatan Seteluk KSB.
Kedua anak melakukan aksi pencurian pada tengah malam disaat pemilik sepeda motor sedang tertidur. Mereka mengambil dua unit sepeda motor yang sedang diparkir di teras rumah korban Abdullah dan Sulaiman yakni berupa sepeda motor Honda CBR dan Surpa Fit. Pencurian itu terungkap ketika Supra Fit curian itu ditukar dengan motor Shogun. Akhirnya Kepolisian KSB berhasil mengungkap kejahatan yang dilakukan kedua kakak beradik itu untuk kemudian diamankan untuk proses hukum lebih lanjut.
Di penghujung pembacaan amar putusan, kedua kakak beradik itu langsung menyatakan menerima dan mereka menyatakan siap untuk menjalani hukuman pidana badan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Mataram.
Sementara itu Jaksa Baiq Ira Maya SH menerangkan bahwa kedua terpidana anak tersebut akan dieksekusi pada hari Jum’at depan untuk dikirim ke LPKA Mataram.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply