Sebelum Membeli Aki, Berikut Ini Tips Membeli Aki Mobil Yang Harus Anda Ketahui

0
1501
loading...
loading...

Aki atau accu pada mobil merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan listrik, yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan semua komponen listrik pada mobil. Seperti komponen mobil pada umunya, aki juga memiliki masa pakai alias harus diganti secara berkala dengan aki yang baru tentunya. Saat Anda memutuskan untuk membeli aki mobil yang baru, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Apa saja kira-kira? Yuk, selengkapnya simak tips membeli aki mobil di bawah ini.

 

Memilih toko yang terpercaya

Selain dijual di bengkel resmi, aki mobil juga tersedia di beberapa toko onderdil mobil atau toko khusus aki. Toko yang terpercaya akan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, salah satunya melalui kualitas barang yang ditawarkan. Toko yang terpercaya biasanya akan memberikan rekomendasi pilihan aki terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Beberapa toko terpercaya bahkan menawarkan garansi apabila aki yang anda beli rusak sebelum pemakaian.

 

Hindari membeli aki rekondisi

Aki rekondisi atau aki bekas adalah aki dari hasil tukar tambah dengan aki baru. Tak jarang beberapa orang juga memanfaatkan aki mobil rusak yang dimodifikasi hingga bisa menyala lagi untuk dijadikan aki rekondisi. Di beberapa tempat, aki rekondisi bahkan dijual dengan harga yang sama seperti aki baru.

 

Memilih aki basah atau aki kering

Aki kering memiliki perform (kekuatan) lebih bagus daripada aki basah. Namun kekurangan yang dimiliki aki kering ialah tidak tahan terhadap panas dan harganya yang realtif lebih mahal karena lebih awet dibandingkan dengan aki basah. Apabila aki yang anda beli merupakan aki basah, maka cek terlebih dulu kondisi cairan elektrolit yang ada. Pastikan cairan aki berada diantara garis batas minimum dan batas maksimum.

 

Perhatikan kapasitas aki

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat memutuskan akan membeli aki mobil ialah memperhatikan kapasitas aki mulai dari amper, ukuran, dimensi, serta tegangan aki. Pastikan aki yang Anda beli memiliki kapasitas dan tegangan yang sama dengan ukuran standar aki pada mobil Anda. Tegangan aki lebih yang besar dari ukuran aki mobil yang standar dapat menyebabkan kerusakan komponen listrik pada mobil kesayangan Anda.

 

Merk aki

Meningkatnya kebutuhan akan mobil juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan produksi aki mobil. Tak heran jika banyak merk-merk aki yang beredar di pasaran dengan berbagai macam ukuran, kualitas, dan harga. Beberapa merk aki terpercaya diantaranya Acdelco, Amaron, Delkor, Dryfit, G-Force, Global, Hyundai. Pilihlah merk aki yang berkualitas dan sesuai untuk mobil Anda.

 

Garansi aki yang jelas

Sebelum Anda memutuskan untuk membayar aki mobil yang Anda beli, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu masalah garansinya. Mintalah bukti nota pembelian atau mintalah penjual untuk membuatkan statemen yang berisi persetujuan pengembalian barang atau penukaran dengan aki yang baruapabila aki yang Anda beli rusak sebelum pemakaian.

 

Periksa tanggal produksi aki yang Anda beli

Tips membeli aki mobil yang satu ini nampaknya masih menjadi hal sepele bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda? Dengan mengecek tanggal produksi pada aki yang Anda beli sama halnya dengan Anda menghemat budget. Pastikan tanggal produksinya tidak melebihi 6 bulan saat Anda akan membelinya. Idealnya, masa pakai aki dengan pemakaian normal adalah antara 1.5-2 tahun. Jadi, apabila saat Anda membeli aki sudah lewat 6 bulan dari tanggal produksi, maka usia aki Anda sudah berkurang selama 6 bulan.

Demikian tips membeliaki mobil yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

loading...

LEAVE A REPLY